by

Diskominfo Lubuklinggau Hadiri Peluncuran Aplikasi SIMATA Sumsel

-Daerah-135 views

NASIONALXPOS.CO.ID, LUBUKLINGGAU – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi didampingi Kepala Bidang (Kabid) Telematika, Romison Saptana Putra menghadiri acara pengukuhan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (DETIKDA) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sekaligus launching Sistem Informasi Satu Data (SIMATA) Sumsel, di Griya Agung Palembang, Senin (23/11).

Acara yang dibuka Kadis Kominfo Provinsi Sumsel, Achmad Rizwan itu dihadiri langsung Gubernur H Herman Deru, Wakil Ketua DPR H.Muchendi Mahzareki, Ketua Dewan TIK Nasional, Ilham Akbar, hahasiswa dari 11 universitas yang ada di Palembang, Kepala BPS se-Sumsel, Bapeda se-Sumsel, Diskominfo se-Sumsel dan undangan lainnya.

Kepala BPS Sumsel, Endang Tri Wahyuningsi menyampakan di Indonesia baru pertama di Sumsel yang menerapkan aplikasi SIMATA sebagai portal untuk mencapai satu data di Indonesia dimana hal ini hasil kerjasama Kominfo dengan Badan Pusat Statistik.

Dia berharap setelah kegiatan ini, dapat terbentuk forum satu data di kabupaten kota dalam wilayah Provinsi Sumsel.

Sementara itu Gubernur Sumsel, H Herman Deru menyampaikan tugas Dewan TIK tidaklah sederhana dan gampang apalagi dimasa Pandemi COVID-19.

“Coba bayangkan, bila di zaman COVID tidak ada internet, apa yg terjadi, tentu akan susah untuk mencari informasi. Tak hanya itu ekonomi juga akan lumpuh total,” ujarnya.

Teknologi sudah maju dengan pesat, tetapi harus dimanfaatkan dan digunakan dengan bijak. Harapannya teknologi dapat membantu dalam menjalankan tugas meskipun ada yang tidak boleh ditransformasi misalnya kitab suci kecuali utk penggunaan-pengunaan pribadi. Hal ini merupakan tantangan di era digitalisasi dalam menggunakan tekhnologi dengan bijak.

Ada transformasi sambung Gubernur, dilayanan publik dengan melihat masyarakat, ekosistem dan sumber daya manusia karena tidak bisa dengan muda ditransmormasikan dengan teknologi. Ucapnya.

Dirinya berharap DETIKDA mempunyai peran meskipun teknologi canggih dan komunikasi mudah jangan pernah tinggalkan kearifan lokal.

Setelah pembukan, acara dilanjutkam dengan pengukuhan Dewan TIKDA Sumatera Selatan periode 2020-2023 oleh Gubernur Sumsel dengan SK Nomor: 407/KPTS/DAiskominfo/2020 dilanjutkan dengan peluncuran SIMATA SUMSEL.

 

ALFIRMANSYAH RN

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed