Daerah

Drainase Mampet, Jalan Kabupaten Serang di Desa Sukamaju Sering Banjir

2231
×

Drainase Mampet, Jalan Kabupaten Serang di Desa Sukamaju Sering Banjir

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID KABUPATEN SERANG – Jalan banjir dan sebagian dalam rumah tergenang air di Kampung Laes Nambo RT/RW 05/02 Desa Sukamaju Kecamatan Kibin Kabupaten Serang Banten, diakibatkan Drainase yang macet parah, Senin (8/11/2021 ).

Drainase berfungsi mengalirkan air buangan permukaan seperti air limbah rumah tangga atau air limbah sehingga tidak tercipta genangan pada tanah, jika drainase macet maka akan menimbulkan penyakit.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Pengendara motor yang sering melintas di jalan tersebut, saat dimintai keterangan mengatakan, semua para pengendara roda dua dan empat sering mengeluhkan di saat melewati jalan tersebut, “karena air dari drainase sering meluap ke jalan raya apa lagi di saat musim hujan jalan banjir yang mengakibatkan para pengendara terkena percikan air kotor saat berlawanan lalu lintas kendaraan, ” Pungkas pengendara lalu lintas.

BACA JUGA :  Kodam XIII/Mdk Gelar Kejuaraan Tenis Lapangan

Ditempat yang sama warga setempat yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, bahwa, “benar drainase atau solokan tersebut sudah lama tidak di bangun sepanjang 800 meter yang mengakibatkan air macet hingga masuk ke beberapa rumah warga dan jalan raya,” Katanya.

BACA JUGA :  Tim SAR Brimob Polda Sumbar Langsung Turun Bantu Warga Terdampak Banjir di Tunggul Hitam

Hj. Badriah selaku Kades Sukamaju mengatakan pada Nasionalxpos.co.id, “betul drainase tersebut sudah lama macet total sehingga mengakibatkan air berhamburan kemana-mana baik air cucian dari rumah warga maupun di saat air hujan turun,” Ujarnya.

“Kurang lebih sepanjang 800 meter drainase rusak parah mengakibatkan beberapa rumah sering kemasukan air cucian dari rumah rumah warga hingga sampai ke jalan Kabupaten Serang Banten terkena banjir,” Imbuh Kades Sukamaju.

BACA JUGA :  Kota Manado Dikepung Banjir dan Tanah Longsor, Aparat Kepolisian Lakukan Evakuasi

Masih menurutnya, Hj. Badriah selaku Kades Sukamaju Kecamatan Kibin mengharapkan kepedulian dan perhatiannya pada pemerintah dinas terkait khususnya Kabupaten Serang Provinsi Banten agar segera turun ke lapangan melihat dan mendengar keluh kesah warga yang sudah lama membutuhkan perhatian sekaligus agar segera di bangun drainase sepanjang 800 meter,” Tandasnya. (Supartono)