Scroll Untuk Baca Berita
Pendidikan

FMIPA Universitas Udayana Gelar Rapat Senat Bahas Strategi Pendidikan dan Penelitian Inovatif

175
×

FMIPA Universitas Udayana Gelar Rapat Senat Bahas Strategi Pendidikan dan Penelitian Inovatif

Sebarkan artikel ini
Foto: Ist

NASIONALXPOS.CO.ID, DENPASAR —Dalam langkah meewujudkan pendidikan tinggi berkelas dunia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Udayana baru-baru ini menggelar rapat senat yang membahas inisiatif pendidikan dan penelitian inovatif. Rapat yang berlangsung pada 30 Januari 2024 ini menandai lompatan FMIPA dalam upaya menyesuaikan diri dengan tuntutan keilmuan modern dan kebutuhan pasar kerja yang dinamis.

26 anggota senat FMIPA hadir membahas serangkaian agenda yang diharapkan dapat membawa transformasi pada pendidikan dan penelitian di FMIPA. Ketua Senat FMIPA, Prof. I Made Agus Gelgel Wirasuta dengan bangga mengumumkan persetujuan kenaikan pangkat bagi sejumlah besar dosen, menegaskan komitmen universitas terhadap pengakuan dan pengembangan profesionalisme akademik. Lebih lanjut, persetujuan untuk pembentukan program magister di bidang Farmasi dan Informatika dipandang sebagai langkah progresif dalam mengembangkan kurikulum yang relevan dan komprehensif. Selain itu senat FMIPA juga menyoroti usulan pembukaan Program S1 Ilmu Lingkungan, dimana hal ini dipandang sebagai salah satu solusi atas isu global keberlanjutan.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Beralih ke bidang peningkatan kualitas pembelajaram maka senat FMIPA memandang perlu melakukan Perubahan kurikulum S2 Biologi yang berorientasi riset. Dimana hal ini dipandang akan mampu meningkatkan daya tarik calon mahasiswa dan juga pengembangan riset-riset penelitian yang potensial dihilirisasi industri. Seluruh agenda tersebut tentunya sudah mampu mencerminkan dedikasi dan komitmen FMIPA dalam memperkuat fondasi riset, inovasi, dan respon yang cepat dan efisien terhadap peluang akademik seperti yang disampaikan oleh Prof. Budiarsa Suyasa.

BACA JUGA :  Rektor Universitas Udayana, Hadiri Acara Kenal Pamit Kapolda Bali

Dengan keputusan yang diambil dan kesimpulan yang dihasilkan, FMIPA UNUD menegaskan kesiapannya untuk terus beradaptasi, berkembang, dan berinovasi dalam menjawab tantangan jaman yang sangat dinamis.

BACA JUGA :  Penetapan Tersangka Dugaan Tindak Pidana Korupsi SPI, Jubir Unud: SPI Sah Berdasarkan Hukum!

Sebelum rapat berakhir, Gelgel menegaskan kembali beberapa catatan penting yang diambil dari rapat ini mencakup bagaimana strategi pemenuhan Sumber daya yang harus disiapkan guna menjawab kebutuhan pembentukan program S1 ilmu lingkungan, s2 informatika, dan s2 Farmasi.

BACA JUGA :  SMP Negeri I Hilimagai Butuh Perhatian Pemerintah

Rapat ini diakhiri dengan visi yang jelas dan tindakan yang terdefinisi untuk merealisasikan inisiatif-inisiatif tersebut. Tanda tangan dari Ketua Senat, I Made Agus Gelgel Wirasuta, dan Sekretaris Senat, Cokorda Rai Adi Pramartha, tidak hanya menutup sesi rapat tetapi juga membuka lembaran baru dalam sejarah FMIPA Universitas Udayana sebagai salah satu pelopor inovasi pendidikan dan penelitian di Bali. (Uchan)

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4335-Senat-FMIPA-susun-strategi-majukan-Pendidikan-Tinggi-dengan-Inovasi-Akademik.html