NasionalTNI & Polri

Inovasi Pompa Hidram, Kodim 0408/BS Salurkan Air Bersih ke Rumah Warga

353
×

Inovasi Pompa Hidram, Kodim 0408/BS Salurkan Air Bersih ke Rumah Warga

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO ID, BENGKULU – Program TNI-AD Manunggal Air Bersih Kodim 0408/Bkl Selatan dan Kaur menerapkan sistem pompa air tanpa listrik untuk mengalirkan air dari sumber mata air ke bak penampungan, Inovasi yang tercipta dari rangkaian berbagai mesin ini bernama mesin pompa Hidram. di Desa Tri Tunggal Bhakti Kecamatan Muara Sahung Kabupaten Kaur, Rabu (30/08/2023).

Dandim 0408/Bengkulu Selatan Kaur (BSK) Letkol Inf Aswin Suladi mengatakan, adanya sistem mesin pompa air tanpa memerlukan listrik ini, diharap menjadi solusi efisien dan ramah lingkungan, dalam mengatasi masalah kesulitan pasokan air warga desa Tritunggal yang berjumlah 150 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah penduduk 540 orang yang terbagi dalam lima Rukun Tetangga (RT).

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

“Mesin pompa hidram diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Terlebih dapat beroperasi tanpa membutuhkan energi listrik. Lewat adanya program dari Kodim 0408/BSK ini, dapat membantu warga setempat yang mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. Terutama saat musim kemarau,” ujar Dandim.

BACA JUGA :  Danlantamal VIII Ambil Sumpah 28 Perwira Penyidik TNI AL

Lanjutnya, proses pengerjaan yang sudah dimulai sejak hari Sabtu (26/8/2023). Hingga hari ini, proses pengerjaan telah sampai pada pemasangan jaringan pipa. Ditarget segera selesai dan beroperasi dengan baik.

BACA JUGA :  Kasdam II/Swj Ikuti Rakor Penegakan Prokes di Daerah Bersama Mendagri

“Dengan dibantu warga setempat proses pengerjaan dapat dilakukan dengan cepat. Kami apresiasi setinggi-tingginya atas antusiasme masyarakat desa tritunggal bergotongroyong bersama Kodim dalam program manunggal Air ini, karena ini adalah suatu kebutuhan primer Warga dan TNI harus hadir ditengah-tengah kesulitan Warga atas Air bersih serta semoga ini segera selesai pengerjaannya dan dapat segera dimanfaatkan oleh warga,” kata Dandim 0408/Bkl Selatan dan Kaur. (*)