Scroll Untuk Baca Berita
DaerahTNI & Polri

Kapolres Jembrana Gelar Rapat Koodinasi Nataru Bersama Stake Holder Terkait di Aula Polres 

1800
×

Kapolres Jembrana Gelar Rapat Koodinasi Nataru Bersama Stake Holder Terkait di Aula Polres 

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, JEMBRANA – Kapolres Jembrana AKBP. I Dewa Gede Juliana, menggelar rapat koordinasi dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023, di aula Polres Jembrana. Rabu, (7/12/2022) pukul 10.20 wita.

Rapat koordinasi tersebut, dihadiri oleh Bupati Jembrana, para Kapolsek, para Kabag dan para Kasat Polres Jembrana, Kepala Syahbandar/KUPT Gilimanuk, KKP Gilimanuk, Kepala BPTD Wilayah XII Provinsi Bali-NTB, Ketua FKUB/PHDI, Ketua MDA, Danpos TNI AL Gilimanuk, Ketua MPUK, Ketua MUI, Ketua WALUBI, Ketua Paroki, Ketua Senkom, Kepala PLN Negara, Kepala BMKG Kab. Jembrana, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Ketua Pesikian Pecalang Kab. Jembrana, Pengurus Gereja Mandira Santi Kelurahan Pendem, Pengurus Gereja Katolik Santo Petrus Negara, dan para pengurus gereja lainnya yang ada di Jembrana.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Dalam sambutannya, Kapolres Jembrana AKBP. Dewa Gde Juliana menyampaikan ucapan terimakasih kepada para undangan yang hadir pada acara hari ini dalam rangka rapat koordinasi terkait pengamanan Natal 2022 dan menyambut tahun baru 2023. Kapolres Jembrana juga menyampaikan, kegiatan ini merupakan kegiatan sinergitas bersama sehingga, nanti dalam pelaksanaan pengamanannya dapat maksimal.

BACA JUGA :  Kapolres Jembrana Bersama Warga Desa Yehembang Bersihkan Material Longsor

Kapolres mengatakan tahun ini kegiatannya sangat berbeda, dimana pada tahun sebelumnya Polres Jembrana selalu memberikan himbauan-himbauan, dan tahun ini akan kembali normal seperti biasanya.

“Diharapkan semua stakeholder bisa memberikan informasi sehingga nantinya, kita bisa singkronkan dalam pengamanan Natal dan tahun baru,” ujar Kapolres.

Pada kesempatan tersebut Bupati Jembrana I Nengah Tamba, menyampaikan bahwa Bali khususnya Jembrana ini, merupakan tempat yang menjadi respon masyarakat sebagai tujuan wisata.

“Seluruh rangkaian kegiatan tahun baru akan kita fokuskan di Sirkuit All In One Pengambengan, hal ini bertujuan untuk menjaga Jembrana agar tetap bersih, aman, dan tidak mengganggu lalu lintas di jalur utama,” Paparnya.

Bupati I Negah Tamba juga mengatakan bahwa, “Kegiatan akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Desember 2022 dengan berbagai rangkaian kegiatan. “Jaga sinergitas dan koordinasi dengan semua pimpinan guna menjaga kelancaran dan mengatensi hal-hal yang dapat mempengaruhi situasi keamanan,” Pesan Bupati.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dan penyampaian ucapan terimakasih Kapolres Jembrana terkait pelaksanaan kegiatan G20 yang sudah dapat berjalan dengan aman, dimana Jembrana memiliki Pelabuhan yang merupakan pintu masuk Bali.

Ditambahkan olehnya dengan menjelaskan situasi kamtibmas di tahun 2021 dan di tahun 2022 terkait tindak pidana, gangguan laka lantas, pelanggaran- pelanggaran lalu lintas, kejadian-kejadian bencana alam, upaya cipta aman jelang Ops Lilin 2022 yang telah dilakukan dengan pelaksanaan Ops Zebra dan Ops Cipta Aman Agung 2022.

Gede Juliana juga menyampaikan, timeline Ops Lilin Agung 2022 dilaksanakan dari tanggal 24 Desember s/d 2 Januari 2023, dan menjelaskan masalah prediksi kerawanan Natal meliputi pelanggaran lalulintas, kemacetan, kecelakaan, pesta miras, penyebaran Covid-19, aksi kriminalitas, bencana alam, perkelahian antar kelompok, kelangkaan bahan pokok, suplay BBM, dan ancaman teroris.

Lebih lanjut, Kapolres mengungkapkan terkait situasi khusus Natal dimana jumlah gereja yang ada di Jembrana terdapat 30 gereja, rumah ibadah 12, obyek wisata 7, dan untuk data jumlah pos diantaranya ada pos pengamanan 5, pos terpadu 1, pos pelayanan 1, dan pos pantau 1. Perwira melati dua dipundak ini juga menyampaikan dalam hal cara bertindak dalam Ops Lilin Agung 2022, pola pengamanan gereja, pengamanan tahun baru, khususnya di wilayah Gilimanuk yang perlu diantisipasi yaitu, peningkatan arus mudik dan balik, bencana alam, kriminalitas, sabotase, pelanggaran prokes, dan dalam kota yaitu antisipasi aksi terorisme.

Terakhir, Kapolres menyampaikan terkait grafik arus keluar masuk Bali, prediksi, kepadatan arus lalin, rencana rekayasa Pelabuhan Gilimanuk tidak akan memanfaatkan areal kargo jika situasi normal, dan lakukan koordinasi dengan instansi terkait.

Kemudian acara dilanjutkan dengan kegiatan diskusi dengan pemberian masukan dan saran dari masing-masing instansi yaitu dari PT. ASDP, Ketua MDA Kab. Jembrana, Kepala BPTD Wilayah XII Prov. Bali-NTB, Danpos TNI AL Gilimanuk, Dinas Perhubungan Kab. Jembrana, Ketua MPUK diwakili BMKG Kab. Jembrana, BPBD Kab. Jembrana, Perwakilan dari Dinas Kesehatan, dan terakhir dari Kasat Pol PP Kab Jembrana. (Uchan)