TNI & Polri

Kodam XIII/Mdk Sambut Kunjungan Siswa Dikreg Seskoal Angkatan Ke-61

317
×

Kodam XIII/Mdk Sambut Kunjungan Siswa Dikreg Seskoal Angkatan Ke-61

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, MANADO – Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S. Sos., M.Si., mewakili Pangdam XIII/Merdeka beserta seluruh stafnya menerima para Perwira Siswa Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Pasis Dikreg Seskoal) Angkatan ke-61 Tahun Anggaran 2023 bertempat di Aula GJS Makodam XIII/Merdeka, Senin (19/6/2023)

Pembekalan yang diikuti sebanyak 25 Perwira Siswa (Pasis) Dikreg Seskoal Angkatan ke-61 dalam melaksanakan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) ini dilaksanakan dengan tujuan agar para Pasis mampu menganalisa dan menggali data tentang potensi sumber daya nasional dan kekuatan serta kemampuan nyata pertahanan negara di daerah.

BACA JUGA :  Polresta Manado Amankan Seorang Remaja Terduga Pelaku Pencurian Mobil

Dalam sambutan tertulis Pangdam XIII/Merdeka, yang dibacakan KasdamXIII/Merdeka mengucapkan, “selamat datang kepada Rombongan Pasis Dikreg Seskoal di Bumi Nyiur Melambai Sulawesi Utara, khususnya di Markas Kodam XIII/Merdeka, kiranya para Perwira Siswa Seskoal peserta KKDN dapat memperoleh data dan masukan yang berharga sebagai bekal untuk menjadi calon-calon komandan di satuan jajaran TNI AL di masa mendatang,” pungkasnya

KKDN adalah kegiatan kurikuler yang sangat penting bagi para Perwira Siswa Seskoal, terutama agar dapat melihat secara langsung kondisi nyata satuan-satuan TNI selanjutnya menganalisanya menjadi sebuah konsep peningkatan pemberdayaan pembinaan satuan dan wilayah pertahanan.

BACA JUGA :  Pangdam XIII/Merdeka Hadiri Acara Silaturahmi Wapres RI 

Dalam pembekalannya Kasdam XIII/Merdeka menjelaskan, “bahwa Kodam XIII/Merdeka membawahi 3 Provinsi yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah, Kasdam juga menjelaskan terkait dengan aspek yang meliputi Geografi, Sosial, Ekonomi, Budaya, Hukum hingga ancaman-ancaman yang akan dihadapi di wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka baik ancaman horizontal maupun ancaman vertikal,” imbunya.

Kasdam juga memaparkan tentang tata kelola Kodam XIII/Merdeka dalam membantu pemerintah daerah meliputi wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo dalam menciptakan kesejahteraan dan pemulihan ekonomi bagi rakyat di wilayah jajaran Kodam XIII/Merdeka.

Selain itu Kasdam juga menyampaikan peran Kodam XIII/Merdeka dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia salah satunya adalah dengan berpartisipasi dalam menjaga perbatasan dengan negara asing/ Pamputer (RI-Filipina) serta tugas perbantuan kepada Polri diwilayah Poso Sulawesi Tengah (Mandago Raya).

BACA JUGA :  Satgas Yonif Raider 200/BN Bersama Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Lapangan untuk Upacara 17 Agustus

Acara pembekalan tersebut di akhiri dengan sesi tanya jawab antara Kasdam dengan para Perwira Siswa Seskoal peserta KKDN.

Turut hadir dalam pembekalan, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, para Asisten Kasdam XIII/Merdeka, Pimpinan Rombongan Seskoal Kolonel Laut Christian Tobing beserta para Dosen dan Patun, serta LO TNI AL Kodam XIII/Merdeka.

(Jefry Kandouw)