by

Kunci Sukses UMKM Adalah Dengan Memberikan Nilai Tambah Prestasi

-Daerah-232 views

NASIONALXPOS.CO.ID, TANGERANG –
Sebelum adanya Corona atau Covit19 melanda dunia. terutama di Indonesia UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dapat mendongkrak pendapatan nilai tambah terhadap produk domestik bruto (PDB) menebus angka 57,8% dari tahun ke tahun dan itu merupakan kemajuan yang signifikan.

Tetapi sangat di sayangkan meskipun nila tambah semakin besar, UMKM masih kalah dengan usaha besar yang nilai tambahnya kecil tapi produktivitas nya tetap tinggi

Ini di sampaikan oleh ketua umum Asosiasi Pengusaha Bumi Putra Nusantara Indonesia ( Asperindo) Jose Rizal dalam sambutannya di acara penijauan produk UMKM, dan pelepasan 11 ribu bibit ikan Bandeng dan Jahir Nila di Kampung Bahari, Kawasan Wisata Pulau Cangkir, Desa Kronjo, Kecamatan Keronjo, Kabupaten Tangerang. Minggu, (07/09).

Acara tersebut di prakarsai oleh DPC Asperindo Kabupaten Tangerang, dengan di hadiri para anggota UMKM Kecamatan Keronjo

Dalam sambutannya Jose Rizal, ketu umum Asperindo menjelaskan, kurangnya nilai tambah yang di ciptakan dari UMKM menyebabkan usaha mereka cepat rontok saat di hantam pandemi Corona,

” Usaha yang Presisten umumnya, UMKM yang sudah memiliki nilai tambah, karena nilai tambah dapat memberikan keuntungan yang berlipat, sementara yang lain sebatas jualan apa adanya dengan Margin yang tipis, belum menjadi fase pengembangan bisnis atau industri.

Padahal sektor UMKM berkontribusi menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia, maka dari itu Asperindo menaruh konsen terhadap penciptaan nilai tambah ini, UMKM tidak bisa naik kelas, jika tidak ada upaya untuk menciptakan nilai tambah itu sendiri, itu sebabnya Asperindo mencanangkan program, salah satunya mengembangkan kampung industri.

Kami berharap suatu ketika wilayah binaan Asperindo memiliki satu Komoditas unggulan yang di kembangkan dengan Ekosistem, dimana terdapat Industri Plasma dan Industri inti, dengan cara ini komoditas unggulan itu tidak keluar wilayah atau masuk pasar Pasar sebelum memiliki nilai tambah.

Jose menambahkan bahwa dengan adanya hantaman Covid 19 ini sebagian UMKM melakukan pemantapan usaha.

Asperindo berharap pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap persoalan ini dan memperioritaskan, serta memberikan dukungan penuh untuk keberlangsungan UMKM, jika UMKM rontok maka kita akan berhadapan dengan persoalan Ekonomi dan pengangguran juga berdampak terhadap penyakit penyakit sosial, tutupnya.

Ketua Korcam UMKM Kecamatan Kronjo, Makdis Adhari yang biasa di sapa H Heru, menyampaikan terimakasih atas kunjungan ketua umum Asperindo Jose Rizal, yang tentunya atas kunjungan tersebut banyak ilmu yang di dapatkan dengan berbagai ilmu dan pengalaman.

” Saya sangat berterimakasih atas kunjungan beliau (Jose Rizal) yang tentunya banyak Ilmu dan pengetahuan tentang UMKM yang kami dapat dari arahan dan bimbingannya, tuturnya.

(Tarmidi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed