Daerah

Lintasan Jalan Raya Terpanjang di Dunia Ternyata Melewati Kabupaten Pemalang

8450
×

Lintasan Jalan Raya Terpanjang di Dunia Ternyata Melewati Kabupaten Pemalang

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, PEMALANG -Jalan raya pantai utara jawa atau lebih di kenal sebagai jalur Pantura, dahulu bernama jalan Daendels, Jalur darat ini merupakan bentangan jalan terpanjang di dunia yang berada di jalur pesisir utara, jalan lama yang juga di kenal sebagai rangkaian Jalan Pos atau Jalan Daendels. Panjangnya 1.000 kilo meter membentang dari Ujung Kulon Anyer, Provinsi Banten Hingga ujung timur Penarukan, Situbondo Provinsi Jawa Timur.

BACA JUGA :  Hanya Ada di Kabupaten Pemalang Berdiri Tugu Nasi Goreng

Pesisir utara Kabupaten Pemalang dari Desa lawangrejo kecamatan Pemalang sampai perbatasan timur kecamatan Ulujami walaupun hanya 25,7 kilometer panjangnya, merupakan salah satu kota penyumbang jalur terpanjang di dunia itu.

Advertisement

Menurut Rabadi (63) Seorang pemerhati sejarah dan juga anggota DPRD Kabupaten Pemalang mengatakan bahwa sejarah Jalan Raya Pos tersebut dahulu bernama De Grote Postweg, digagas oleh Herman Willem Daendels pada masa kepemimpinannya pada tahun 1808.

BACA JUGA :  Sambut HUT ke 29, PDAM Tirta Mulia Kabupaten Pemalang Gelar Donor Darah

Herman Willem Daendels sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda untuk Perancis pada saat pemerintahan Napoleon Bonaparte yang menaklukkan Belanda tahun 1795. Sang gubernur adalah perwira Belanda yang ditunjuk dan dipercaya oleh Perancis.

BACA JUGA :  Jam Pelayanan UPTD Samsat Balaraja Ditambah di Akhir Tahun 2021

Maksud Perancis mengutusnya untuk memperkuat posisi Belanda di Jawa dalam rangka konflik melawan Inggris yang bermarkas di India. Pada tahun 1808 tersebut, Belanda juga seluruh pemerintahan administratif termasuk Hindia Belanda menjadi bagian dari Perancis yang berseteru melawan Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *