Daerah

Monica Haprinda Menghadiri Lomba Masak Serba Ikan

482
×

Monica Haprinda Menghadiri Lomba Masak Serba Ikan

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, PANGKALPINANG — Ketua TP PKK Pangkalpinang Monica Haprinda Maulan Aklil menghadiri acara lomba masak serba ikan tingkat Kota Pangkalpinang, di Fox Harris Hotel,Selasa (15/11/2022 )

Monica Haprinda mengatakan, lomba masak serba ikan ini sudah sesuai dengan juknis dari Kementerian Kelautan Perikanan yakni masakan ikan untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting, dan mencerdaskan anak.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Lanjutnya, ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal dan terhadap keluarga. Dari dahulu hingga sekarang ahli-ahli gizi tidak bosan-bosannya mengingatkan kita untuk selalu mengkonsumsi ikan.

BACA JUGA :  Bapenda Pasang Baliho Penagihan Piutang Pajak Daerah Pada PT. Taman Sari Kecamatan Kelapa Dua

Istri Walikota Pangkalpinang jelaskan,Hasil penelitian penunjukan bahwa protein yang dikandung ikan berkualitas tinggi. Pengetahuan akan nutrisi yang sehat dan berimbang sangatlah diperlukan terutama sekali bagi ibu-ibu rumah tangga dalam mengkreasikan menu keluarga sehari-hari.

“Pada negara-negara maju, perhatian terhadap komposisi gizi yang sehat dan berimbang lebih diutamakan. Selama ini kita kurang begitu memperhatikan pentingnya menu yang sehat dan berimbang terhadap perkembangan anak. Umumnya komposisi gizi dari makanan yang dikonsumsi sebagaian besar terdiri atas karbohidrat dan lemak. Kita sudah merasa cukup asalkan anak sudah merasa kenyang,” kata Monica.

Monica mengingatkan, konsumsi ikan di Kota Pangkalpinang, maka membudayakan ikan di masyarakat terutama kalangan generasi muda adalah suatu keharusan. Melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa.

Ibu-ibu penggerak PKK berperan penting dalam memasyarakatkan nilai lebih dari konsumsi ikan melalui sosialisasi keutamaan nilai gizi yang terkandung dalam daging ikan dan diversifikasi produk olahan berbahan ikan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga.

Dirinya juga berharap dengan lomba ini tentunya adalah adanya diversifikasi terhadap harian yang berbahan ikan sehingga tidak timbul kebosanan dan juga terciptanya inovasi-inovasi baru menu berbahan ikan.

Harapnya, semoga nanti yang menjadi juara bisa mewakili Kota Pangkalpinang dalam mengikuti dalam lomba masak serba ikan tingkat provinsi dan nasional ke Jakarta.

“Melalui kesempatan ini semoga tercipta kreasi-kreasi masakan berbahan baku ikan yang menarik, mudah dalam pengolahannya serta bergizi tinggi,” tutup Monica. (Toto)

Sumber Diskominfo kota Pangkalpinang/c