Daerah

Pasca Kebakaran, Sektor Ekonomi Terguncang Bupati Blora Segera Ambil Langkah

227
×

Pasca Kebakaran, Sektor Ekonomi Terguncang Bupati Blora Segera Ambil Langkah

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Sektor ekonomi Kabupaten Blora terguncang. Pasalnya, belum genap Satu bulan Dua pasar tradisional di Pasar Ngawen dan Pasar Medang Blora ludes terbakar, ditaksir kerugian mencapai milyaran rupiah.

Bupati Blora Arief Rohman saat meninjau lokasi kebakaran di Pasar Medang pada Senin (22/1/2024) sore. Ia mengatakan akan segera melakukan sejumlah langkah.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Salah satunya, akan segera mengumpulkan seluruh pengelola dan para paguyuban pasar. Tujuannya untuk mengedukasi dan mengadvokasi para pengelola pasar agar peristiwa kebakaran pasar tidak terjadi lagi.

“Kami akan segera kumpulkan seluruh pengelola dan paguyuban pasar yang ada di Blora. Kita minta untuk menyusun langkah-langkah agar bisa antisipasi,” kata Arief Rohman.

Selain itu, pihaknya juga akan mencarikan dan memberi solusi jangka pendek dan jangka panjang pasca kebakaran pasar Ngawen dan Pasar Medang,” jangka pendeknya, kepada pihak desa diminta berkoordinasi dengan Camat, supaya segera dibangun pasar sementara,” ujarnya.

“Karena ini sudah mau bulan puasa juga, mungkin nanti sementara kita minta desa untuk bangun pasar sementara. Pak Kades nanti dibersihkan dulu puing-puingnya dan dibangun sementara dulu. Paling tidak ada tempat berteduh atau gimana dulu, supaya para pedagang bisa berjualan,” pintanya.

Lanjutnya, untuk solusi jangka panjangnya akan segera disiapkan skema pembangunan pasar melalui bantuan keuangan atau anggaran APBD perubahan.Karena untuk kebakaran Pasar Medang kebutuhan anggaran yang diperlukan sekitar Rp 2 Miliar.

“Akan coba kami ajukan karena ini statusnya adalah tanah desa, coba nanti lewat bantuan keuangan Gubernur plan A nya. Sedangkan plan B-nya kalau anggaran Pemkab Blora memungkinakan nanti di perubahan kita anggarakan lewat perubahan. Kebutuhan anggarannya sekitar Rp 2 Miliar,” bebernya.

Sementara untuk Pasar Ngawen, Bupati juga telah menyampaikan usulan pembangunan ke Menteri Perdagangan dan akan segera melaporkan kepada Presiden Jokowi yang akan berkunjung ke Blora dalam waktu dekat ini.(Riyan)

BACA JUGA :  Jelang Hari Jadi ke -273, Bupati Arief Ziarah ke Makam Bupati Blora Pertama di Tuban