by

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tangerang Lantik Lembaga Penanggulangan Bencana MDCM

-Daerah-215 views

NASIONALXPOS.CO.ID, TANGERANG – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tangerang melantik Lembaga Penanggulangan Bencana Yang Bernama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC)  di Gedung  Sekolah Tinggi Teknologi Mutu (STTM). yang berlokasi  di Jalan KH Syekh Nawawi  No.99, Mata Gara, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Minggu, (11/4/2021).

Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang di Wakili Dr. Girmono M.Pd mengatakan Ing Madya Mangun Karsa. Kita harus terus bersama dan memberi semangat para relawan, dan kita semua relawan MDMC yang menjadi relawan Muhammadiyah dilapangan sedangkan yang tidak dilapangan bisa mensupport para relawan muhammadiyah yg dilapangan.

“Kita harus memberi semangat karena kita semua adalah relawan MDMC,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Terpilih MDMC Kabupaten Tangerang Dr. Dedy Efendy MARS mengatakan, kegiatan pelantikan, Raker serta latsar bertujuan agar sebagaimana peran dan tujuan MDMC yang memiliki tugas untuk mengkoordinasikan mobilisasi sumber daya dalam tanggap darurat bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan bencana dan rehabilitasi pasca bencana.

“Maka setiap relawan MDMC harus bisa memahaminya,” ungkapnya.

Masih kata Dr. Dedy Efendi, diperlukan sosialisasi dan pelatihan yang mengarah pada kemampuan relawan dalam implementasi dari peran dan tugas MDMC. Dengan dilakukannya pelatihan diharapkan relawan memiliki beberapa kemampuan.

“Relawan memiliki kemampuan manajemen, dan juga memahami semua hal kebencanaan secara teori, sehingga bilamana terjadi bencana relawan MDMC tidak gagap dalam melakukan pertolongan,” pungkasnya.

Dedy Efendi menuturkan, MDMC harus mampu berkolaborasi dengan pihak lain yang memiliki kesamaan visi tentang kebencanaan. Karena bencana adalah kewajiban setiap individu yang tidak terdampak untuk dapat melakukan pertolongan. Maka di harapkan memiliki jiwa kerelawanan yang kuat agar memudahkan mencapai tujuan sudah seharusnya memiliki arah dan program kerja, Oleh karena itu wajib melakukan rapat kerja.

“MDMC bukan lembaga penunggu bencana tetapi lembaga yang harus mampu memberikan penyadaran kepada seluruh elemen masyarakat tentang kesadaran bencana sehingga terbentuk “masyarakat sadar bencana,” ucapnya.

Sementara, Wakil Ketua MDMC Muhamad Taufik Harap menambahkan, MDMC kabupaten Tangerang siap berkolaborasi dengan organisasi yang bergerak di bidang Penanggulangan dan pengurangan risiko bencana dan pemerintah untuk seluruh masyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih pada tamu seluruh undangan perwakilan dari organisasi penanggulangan bencana serta peserta yang telah mengikuti dari awal hingga akhir dengan antusias yang sangat luar biasa,” pungkasnya.

(Red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed