by

Posko Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Alam Akan Segera di Bentuk

NASIONALXPOSCO.ID, LUBUKLINGGAU – Bertempat di Op Room Dayang Torek, berlangsung rapat pembentukan posko kesiapsiagaan menghadapi bencana dalam upaya pengurangan resiko bencana (PRB) di Kota Lubuklinggau, Selasa (17/11). Rapat tersebut dipimpin Sekda Kota Lubuklinggau, HA Rahman Sani serta dihadiri sejumlah kepala OPD dilingkungan Pemkot Lubuklinggau.

Menurut Sekda setiap daerah wajib membentuk posko kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana saat situasi Covid-19. Hal ini menindaklanjuti surat dari Kemendagri Nomor 440/5605/SJ tanggal 8 Oktober 2020.

“Walaupun Kota Lubuklinggau kecil kemungkinan terdampak bencana, tetapi kita harus tetap waspada. Semoga Lubuklinggau dijauhkan dari bencana,” imbuhnya.

Baca juga: Banjir di Sulsel Terparah Dalam 10 tahun terakhir

Dikatakan Sekda, secara teknis instansi yang bertanggungjawab dalam hal penanggulangan bencana adalah Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana. Sementara di Dinas Sosial ada juga, berupa dana bantuan tidak terduga.

Secara teknis, TNI, Polri, BASARNAS dan Dinas Sosial sudah biasa menghadapi bencana. Walupun Kota Lubuklinggau jauh dari ancaman bencana, tetapi tetap saja waspada untuk mengurangi resiko bencana di wilayah Kota Lubuklinggau seperti banjir dan tanah longsor.

Posko ini nantinya sambung Sekda akan dibuat sekretariatnya dimana masih dicari tempat yang cocok untuk lokasi posko. Sedangkan mengenai susunan draf akan disesuaikan lagi.

Draf kepengurusan segera diajukan ke pusat agar segera ditindaklanjut.

Sementara Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, H Lutfi Ishak menyampaikan struktur komposisi kepengurusan akan diajukan ke Gubernur Sumatera Selatan. Sedangkan mengenai keberadaan posko, segera dilakukan sosialisasi guna mengurangi resiko bencana.

 

ALFIRMANSYAH RN

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed