by

PRABU-PL dan Seluruh Lapisan Masyarakat Harus Peduli Dengan Kali Cikarang

-Daerah-271 views

NASIONALXPOS.CO.ID,BEKASI-Melihat kondisi kali Cikarang yang memprihatinkan akibat kurangnya kepedulian masyarakat dalam membuang dan mengelola sampahnya, Persatuan Pemuda Burangkeng Peduli Lingkungan yang dikomandoi oleh Carsa Hamdani berinisiatif untuk turut serta menjadi relawan save kali Cikarang. Kegiatan tersebut diawali dengan penanaman pohon penghijauan yang bertujuan salah satunya adalah sebagai penahan erosi.

Acara penghijauan di bantaran kali Cikarang pada hari senin 14 September 2020 ini , relawan PRABU-PL hadir berjumlah sekitar 15 orang diikuti juga oleh putri PRABU ( Sebutan dari relawan perempuan PRABU-PL ) dengan membawa berbagai jenis tanaman keras seperti pohon Ketapang, rambutan, mangga dll.

Penanaman pohon Penghijauan dimulai di Pos Pantau Shelter Jingga yang beralamat di Desa Sukajaya Kec Cikarang Barat diharapkan kedepannya dapat menahan erosi/ pengikisan lapisan tanah yang disebabkan oleh derasnya aliran air Kali Cikarang dan bentuk upaya preventif penanggulangan longsornya bataran kali.
Kedatangan mereka disambut hangat oleh para relawan diantaranya dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi diwakili oleh Lutfi Hamdani.

Lutfi menyampaikan, kondisi Kali Cikarang saat ini harus dijaga dan dipelihara baik itu oleh Pemerintah daerah maupun masyarakat. Kita tidak bisa saling menyalahkan,
namun kita semua sebagai masyarakat Kabupaten Bekasi mulailah peduli dan paham dalam mengelola sampah karena itu sangat penting dan mulailah dari diri sendiri. Kali sebagai salah satu sumber air bersih agar tidak lagi dijadikan tempat sampah, ungkapnya

Disaat bersamaan, Ketua PRABU-PL Carsa Hamdani menyampaikan, sampah saat ini jangan pernah dianggap remeh. Pentingnya pengetahuan dalam pengelolaan sampah tiap individu menjadi faktor utama agar tidak menjadi bom waktu.
Carsa menambahkan, kesibukan setiap orang dalam beraktifitas sehari-hari menjadikan tidak memperhatikan kondisi lingkungan mereka, dan menyepelekan hal kecil seperti ” ah timbang sampah” trus dibuang dimana saja. Jika itu dibiarkan lama-kelamaan akan menjadi masalah besar ,tegas Carsa.

Pentingnya pengetahuan dan pemahaman dalam tata kelola sampah sudah saatnya dipahami setiap individu seperti pemahaman pola 3R, sehingga sahabat-sahabat relawan seperti yang ada di sepanjang Kali Cikarang ini tidak sia-sia dalam membersihkan sampah yang menumpuk di kali.

Di akhir aksinya, PRABU-PL melanjutkan penanaman Pohon di pos pantau Shelter Hutan Bambu yang dibangun oleh swadaya masyarakat, berada di Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat. Lokasi yang sejuk dan rindang di bantaran kali Cikarang ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam dan edukasi lingkungan hidup untuk masyarakat Kabupaten Bekasi dan sekitarnya.

(Red&Nito)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed