by

Satuan Intelkam Polres Blora, Luncurkan ‘Inovasi SKCK Blewah’ Lewat WA

-Daerah-128 views

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA –
Pelayanan publik di bidang pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Satuan Intelkam Polres Blora Polda Jawa Tengah memiliki sebuah inovasi canggih yang diberi nama ‘SKCK Blewah Mbloro’, yaitu SKCK booking lewat aplikasi WhatsApp (WA).

Kapolres membeberkan, masyarakat yang memiliki keinginan untuk membuat SKCK cukup chat ke no WA 0895615940903. Selanjutnya pemohon akan dilayani dan dipandu oleh admin layanan terkait persyaratan pengurusan, metode pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), proses pengurusan sampai diterbitkannya SKCK.

“Untuk persyaratan permohonan SKCK, cukup dikirim via WA antara lain scan/foto SKCK lama, scan/foto KTP, scan/Foto KK, scan/foto akte lahir dan file pas foto pemohon ukuran 4×6 latar/background merah. Adapun untuk biaya pengurusan SKCK sesuai PNBP adalah Rp. 30.000,” terang Kapolres.

Inovasi pelayanan publik dengan optimalisasi teknologi informasi tersebut semata-mata bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen atau masyarakat dalam memperoleh pelayanan yang efektif dan efisien.

Untuk mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di wilayah hukumnya, Polres Blora terus meningkatkan pelayanan publik dengan inovasi kreatifnya.

Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Wiraga Dimas Tama, S.IK mengungkapkan bahwa alasan kenapa memanfaatkan aplikasi WA, karena saat ini seluruh masyarakat memiliki smart phone yang terdapat aplikasi WhatsApp didalamnya.

“Kita ingin mempermudah layanan kepada masyarakat, salah satunya adalah inovasi kreatif SKCK Blewah Mbloro,” ucap Kapolres Blora, Rabu (31/3/2021).

Masih tambah Kapolres Blora, selain memiliki keunggulan bisa diurus dari jarak jauh, SKCK Blewah Mbloro juga memiliki keunggulan salah satunya adalah, “Pemohon bisa terlebih dahulu mendapatkan file scan SKCK nya yang akan dikirim via WA jika pemohon menghendakinya, untuk SKCK aslinya bisa diambil dikantor layanan dikemudian hari oleh yang bersangkutan, sehingga masyarakat yang terikat oleh pekerjaan dikantor tidak repot-repot ijin kepada atasan untuk meninggalkan pekerjaannya,” tutup Kapolres. (Hans)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed