by

Wakil Gubernur DKI Panen Buah Naga dan Sayur di Kebun Bibit Kamal Muara

-Nasional-106 views

NASIONALXPOS.CO.IDJAKARTA- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersama istri meninjau kebun bibit Agro Eduwisata yang berada di Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara sore ini. Dia  ditemani istrinya, Ellisa Sumarlin, sekitar pukul 14.58 WIB.

Riza dan istri nya menyusuri lokasi Agro Eduwisata sembari memetik buah naga merah langsung dari pohon nya dan sukun. Mereka yang mengenakan caping sekaligus memetik sayur-mayur, seperti kacang panjang, kangkung. “Meski udara panas, tapi segar-segar buahnya. Tidak menyangka bisa panen di Jakarta,” kata dia di lokasi, Minggu (28/03/2021)

Pelaksana tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, kebun bibit seluas 3,7 hektare ini menanam sekitar 230 jenis tanaman. Mulai dari tanaman obat hingga sayuran.

Buah-buahannya yakni buah naga merah dan putih serta sukun. Menurut dia, tekstur tanah di kebun bibit Kamal Muara mirip daerah pantai, sehingga cocok ditanami buah naga.

“Bibit indukannya asli Pulau Tidung. Panen lokal untuk masyarakat,” ujar dia.

Menurut Riza Patria, sebanyak 54 penyuluh pertanian bertugas mentransfer ilmu kepada masyarakat. Kebun bibit ini resmi menjadi aset pemerintah DKI pada 2014. Pemerintah DKI merevitalisasi kebun bibit ini pada 2020 bekerja sama dengan kementerian terkait.  (Rusli)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed