by

Anis -Tatto Panen Raya Padi, Cilacap Mampu Suplai Beras ke DKI

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP- Kedatangan orang nomor satu di DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan ke Kabupaten Cilacap Jawa Tengah menjadi tanda tanya besar berbagai kalangan. Anis yang disambut Bupati Cilacap dan Ny. Hj. Teti Rohatiningsih anggota DPR RI, tiba di Kecamatan Majenang tepatnya di Kantor Balai Benih Padi dan Hortikultura Majenang, Jumat (16/4/2021).

Kedatangan Anis Baswedan tersebut disambut oleh para pejabat Pemkab Cilacap, hadir juga Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman, tampak Sekda Cilacap Farid Ma’ruf, beserta unsur Forkopimda, Forkopmcam.

Anis datang ke Cilacap bertujuan mempererat kerjasama dibidang pertanian, terutama beras.

Gapoktan Sumber Makmur asal Kecamatan Maos Desa Maos Kidul mampu memasok kebutuhan beras untuk warga DKI Jakarta. Pemasokan beras ke DKI Jakarta teraebut melalui PT. Food Station Tjipinang Jaya Jakarta.

Dalam sambutanyan Anis mengatakan, Kabupaten Cilacap sudah mampu membantu kebutuhan beras bagi warga DKI, “kerja smaa antar daerah ini harus tetap bisa dilakukan sehingga antara DKI Jakarta dan Kabupaten Cilacap bisa sama – sama maju, “, kata Anis.

Lebih jauh Anis menjelaskan, masyarakat DKI Jakarta tidak akan khawatir lagi terkait keberadaan beras di Jakarta, suplai beras dari Kabupaten Cilacap bisa mencukupi kebutuhan masyarakat DKI Jakarta, “harga beras jadi akan stabil, saya sangat berterima kasih kepada Bapak Tatto Bupati Cilacap, dan saya berharap kerjasama antar daerah ini akan lebih ditingkatkan lagi, “, beber Anis.

Sementara Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji pun menyampaikan terimalasih kepada DKI Jakarta yang telah bisa bekerja sama, “gapoktan sumber makmur bisa menyuplay beras ke DKI, sehingga harga beras bisa bagus, ” jelas Tatto.

Bupati Cilacap mengungkapkan kolaborasi ini akan semakin memotivasi petani di Cilacap untuk semakin giat bertani, ungkapnya.

“Semangat inilah yang memotivasi Cilacap menjadi salah satu lumbung padi nasional. Dengan kerjasama ini kestabilan harga dapat terjaga, dan pasokannya tetap berkualitas”, kata Bupati.

Direktur PT. Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihardi Wiraryo mengungkapkan kerjasama dengan Gapoktan Sumber Makmur terus mengalami pertumbuhan sekitar 30 persen. Pada tahun 2019, Food Station dapat menyerap gabah kering panen senilai Rp 21,2 milyar, dan menjadi Rp 23,2 milyar pada tahun 2020. “Sedangkan sampai 14 April 2021, kami berhasil menyerap Rp 8,5 milyar gabah kering panen. Ekuivalen antara Rap 30 milyar sampai Rp 32 milyar setahun”, jelasnya.

Ditambahkan Pamrihadi, untuk sekali panen, pasokan padi dari Cilacap yang dikirimkan ke Jakarta mencapai 5.700 ton. Adapun luasan lahan pertanian yang dikerjasamakan di Kabupaten Cilacap merupakan bagian dari 7.200 ha lahan kontak farming Food Station di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Dalam kunjunganya, Anis Baswedan bersama Bupati Cilacap juga melakukan panen raya padi yang ada di persawahan sekitar Kantor Bapai Benih Padi dan Hortikultura. (Junaedi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. banyak tulisan yg salah ketik jadi sangat mengganggu artikel saat dibaca,tolong kedepan lebih diperbaiki dan di periksa dulu sebelum artikel dicetak..

News Feed