Pemerintahan

Baru Dilantik Jadi Kades, Kebijakannya Sudah Menuai Protes dari Warga Cukanggalih

998
×

Baru Dilantik Jadi Kades, Kebijakannya Sudah Menuai Protes dari Warga Cukanggalih

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID KABUPATEN TANGERANG – Sejumlah warga Desa Cukanggalih, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang beramai ramai mendatangi Kantor Desa Cukanggalih. Warga hendak menuntut penjelasan dan ketegasan dari Kades terkait Surat Keputusan Kepala Desa Cukanggalih Nomor 141/25/Kep.194-Ds.Ckg/2023 Tentang : Pengangkatan Limbah Perusahaan di lingkungan Desa Cukanggalih, yang ditengarai menuai protes dan penolakan dari beberapa warga. Senin, (13/11/2023).

Warga protes dan menolak Surat Keputusan Pengelolaan Limbah tersebut lantaran dianggap sangat merugikan warga sebab, dikhawatirkan akan berakibat pada hilangnya mata pencaharian mereka sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

“Selama ini warga yang mengelola limbah perusahaan di lingkungan Desa Cukanggalih, kenapa tiba tiba ada surat dari desa tanpa adanya musyawarah ?”. Kata Daulat selaku Ketua Rw. 08 Dusun Satu.

Lebih lanjut Daulat menjelaskan, surat tersebut dianggapnya cacat hukum lantaran tidak ada dasar hukum atas keputusan yang dikeluarkan, tidak ditanda tanganinya surat keputusan serta tidak diterbitkannya tanggal penetapan surat.

“Bukan hanya itu saja, dalam membuat surat keputusan seharusnya melibatkan pihak BPD dan tokoh masyarakat, namun ini Kepala Desa malah ceroboh langsung membuat surat keputusan tanpa memikirkan dampaknya dikemudian hari.” Imbuhnya.

Daulat pun sangat menyayangkan dikeluarkannya surat pengelolaan limbah tersebut yang berbuntut pada munculnya protes dan penolakan dari warga.

“Kami warga Desa Cukanggalih menuntut Kepala Desa Cukanggalih Andri Lesmana menarik surat keputusan tersebut dan membatalkannya serta mengedepankan musyawarah untuk mufakat dengan para tokoh masyarakat.” Tegasnya.

Menurutnya Kepala Desa Cukanggalih baru saja dilantik sekitar satu bulan kurang, seharusnya Kades harus mengedepankan rekonsiliasi untuk menciptakan ketertiban dan memecahkan polarisasi yang terjadi pasca Pilkades. Pungkasnya.

Hal senada juga disampikan warga lain, Kades semestinya mengedepankan kesatuan dan persatuan tanpa memandang kelompok satu dan lainnya, sehingga sesuai dengan slogan  Kepala Desa Cukanggalih yaitu ‘membawa cukanggalih yang lebih maju’. (dikutif dari derapfakta.com, red).

Ketika dikonfirmasi terkait aksi warga ini, Yudis Sekretaris Desa (Sekdes) mengatakan,
“Tuntutan warga akan saya sampaikan kepada kepala desa bang, saya hanya menampung saja, keputusannya ada dibeliau”. Ujarnya.

Saat ini Kepala Desa sedang ada kegiatan diluar dan tidak bisa ditinggal, dan akan dijadwalkan kembali bertemu dengan Kepala Desa, Terangnya. (Pan.)

BACA JUGA :  Bupati Minsel Franky Wongkar Irup di HUT Ke-19 Kabupaten Minahasa Selatan