by

Dendangkan Indonesia Raya di Puncak Gunung Tertinggi Klabat, Tim Ekspedisi Musik Kolintang Milenial Sulut Dilepas Sualang

NASIONALXPOS.CO.ID, MINUT – Mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Kadis Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut Jenry Sualang SPd MAP melepas Tim Ekspedisi Kolintang ke Puncak Gunung Klabat di Pintu Pendakian resmi Airmadidi, Minggu (16/08/2020) sore.

Tim Ekspedisi Kolintang dari Sanggar Fantastic Prima Vista Minahasa Utara yang dipimpin Steve Tuwaidan, akan mengiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan pengibaran Bendera Merah Putih pada saat Upacara Peringatan 17 Agustus, Senin (17/08/2020) besok di Puncak Gunung Klabat, Kabupaten Minahasa Utara.

“Dari Puncak Gunung Klabat, gunung tertinggi di Sulut, Kolintang para milenial Sulut akan mendendangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya ke seluruh pelosok tanah air, bahkan dunia. Ini akan disiarkan langsung dan disaksikan Netizen tanah air dan dunia melalui chanel youtube dan page FB Dinas Kebudayaan Daerah Sulut,” kata Jenry Sualang kepada Nasional Xpos.co.id Minggu (16/08/2020).

“Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw melalui Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut memberi apresiasi yang luar biasa kepada Tim Ekspedisi Kolintang Prima Vista Minahasa Utara yang kreatif dan inovatif serta berinisiatif mengumandangkan lagu Indonesia Raya, sekaligus menaikan Bendera Merah Putih diiringi musik tradisional Kolintang saat Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75 pada 17 Agustus,” kata Jenry Sualang.

Menurut dia, kegiatan yang begitu menjunjung tinggi rasa kebangsaan dan rasa cinta pada tanah air Indonesia ini, dilakukan para milenial sebagai bentuk pengakuan pada Ibu Pertiwi bahwa generasi muda di Sulawesi Utara masih tertanam jiwa nasionalisme, patriotisme dan penghargaan yang tinggi para pahlawan bangsa yang berhasil meraih Kemerdekaan RI dengan darah, keringat, air mata bahkan rela berkorban demi nusa dan bangsa.

“Bahkan, Tim Ekspedisi Kolintang ini ingin memotivasi para generasi muda; siswa dan mahasiswa untuk memiliki jiwa nasionalisme, patriotisme dan menghargai perjuangan para pendahulu merebut kemerdekaan, agar kedepan mereka bisa menjadi Negarawan Sejati,” ujar Sualang yang didampingi Kepala UPT Taman Budaya dan Museum Drs Ferdy Tamarindang, Kabid Kesenian Patricia Mawitjere dan jajaran Disbud Sulut.

Ia berharap, ansambel musik Kolintang Kayu Minahasa sebagai Nominator Warisan Budaya Takbenda UNESCO, dapat mencetak rekor baru Museum Rekor Indonesia (MURI) melalui tim ekspedisi Kolintang di puncak Gunung Klabat.

Diketahui, kegiatan yang diapresiasi luar biasa oleh masyarakat ini merupakan bagian juga dari Lomba Kreativitas Kolintang Virtual Piala Menkominfo dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI dan HUT ke-56 Provinsi Sulawesi Utara yang digelar berkat kerjasama Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN), Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut, Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) dan Kerukunan Keluarga Kawanua (K3), yang berlangsung mulai 10 – 29 Agustus 2020. (TEVRI)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed