Daerah

Desa Bangowan, Raih Juara I Festival Desa Wisata Blora 2023

701
×

Desa Bangowan, Raih Juara I Festival Desa Wisata Blora 2023

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Desa Bangowan, Kecamatan Jiken raih juara I Festival Desa Wisata Blora 2023 dilokasi wisata kampung durian Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Minggu (6/8/23).

Piala Penghargaan dan uang pembinaan diserahkan Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, mewakili Bupati Arief Rohman kepada para desa pemenang
Atas prestasi itu, Hanif Masadini salah satu pengelolaan Desa wisata Bangowan mengaku bersyukur atas capaian juara 1 yang didapat ini.

Advertisement

“Alhamdulillah bisa juara satu. Sebenarnya bukan ini yang terpenting, melainkan bagaimana kedepannya desa wisata ini bisa maju dan menjadi salah satu desa wisata unggulan yang ada di Blora,” ucapnya.

Dia mengaku, tahun lalu Desa wisata Bangowan juga mendapat juara. Hanya saja saat itu masih di peringkat 2 terbaik dan kalah dengan desa Sambongrejo.

BACA JUGA :  Bahas Ranperda Pajak Dan Retribusi Daerah, DPRD Blora Gelar Public Hearing

“Kami terus berbenah, dan terus belajar, mulai dari paket tour maupun segi lainnya. Di Desa bangowan juga sudah mulai mengembangkan digitalisasi dengan transaksi pembelian produk lewat Qris dan kerja sama dengan platform digital Atourin untuk promosi paket wisata. sehingga mempermudah wisatawan,” terang Hanif.

Dia berharap dengan juara yang diraih tersebut bisa memacu semangat kami dalam pengembangan Desa wisata.

Berikut desa-desa yang meraih juara di Festival Desa Wisata Blora 2023. Desa Bangowan, Keamatan Jiken raih juara I dengan nilai 2875, juara terbaik II diraih Desa Tempellamahbang, Kecamatan Jepon denga nilai 2675 , juara terbaik III diraih Desa Tunjungan Kecamatan Tunjungan dengan nilai 2610 .

Untuk juara harapan 1 diraih Desa Nglobo, Kecamatan Jiken dengan nilai 2330, harapan 2 diraih Desa Singonegoro, Kecamatan Jiken dengan nilai 2220. Sedangkan untuk juara harapan 3 diraih Desa Bangsri, Kecamatan Jepon dengan nilai 2185.

BACA JUGA :  Camat Nini Arlin Hadiri Pembukaan Open Turnamen Bulutangkis Nagari Sungai Sariak Cup 1

Melakukan Terobosan
Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati mengatakan, pengembangan pariwisata akan melibatkan peran penuh Desa untuk melakukan terobosan. Baik peningkatan infrastruktur maupun promosi dan pemasaran pariwisata, sehingga mampu menjadi sebuah destinasi yang layak dan nyaman untuk dikunjungi.

“Desa yang berada di dataran tinggi maupun rendah, yang berada di tepi hutan maupun Bengawan Solo, diharapkan dapat mengubah wajah yang selama ini hanya berpotensi pertanian atau perkebunan untuk dapat disulap menjadi perdesaan yang bertransformasi menjadi desa agrowisata. Dengan demikian akan menciptakan dua sektor pemasukan, yaitu dari sisi pertanian dan pariwisata.

BACA JUGA :  Nasib Pilot Susi Air, Dua Bulan Lagi Hidup atau Mati Ditangan TPM-OPM Panglima Kodap III Ndugama Egianus Kogoya

Saat ini, lanjut Mbak Etyk sapaan akrab Wakil Bupati, di Kabupaten Blora terdapat 18 rintisan Desa Wisata yang diharapkan nanti akan menjadi Desa Wisata yang maju. Melalui desa wisata diharapkan mampu meningkatkan destinasi wisata di Kabupaten Blora.

“Festival Desa Wisata merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Blora untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Desa Wisata, serta menjadi wadah promosi potensi Desa Wisata,”terangnya.

Wabup berharap melalui Festival Desa Wisata 2023 diharapkan dapat meningkatkan nilai jual, daya tarik dan destinasi pariwisata di Kabupaten Blora, dan dapat menemukan Desa Wisata yang terbaik yang dapat diunggulkan di tingkat Jawa Tengah dan Nasional. (Riyan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *