Advetorial

Disbudpar Lebak Gelar Festival Seni Multatuli 2023  Membuka Ruang Interaksi  Kreatif Antar Budaya

568
×

Disbudpar Lebak Gelar Festival Seni Multatuli 2023  Membuka Ruang Interaksi  Kreatif Antar Budaya

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, LEBAK – Festival Seni Multatuli (FSM) kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten Lebak, festival yang masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) secara resmi dibuka langsung oleh Bupati Lebak. Iti Octavia Jayabaya, Kamis (15/06/2023) bertempat di alun-alun Rangkasbitung.


“FSM ini laksanakan Untuk mengusung keunikan Kabupaten Lebak dan memperkenalkan wisata sejarah dan budaya, Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, menyelenggarakan Festival Seni Multatuli( FSM)  tahun 2023 bertema ” 𝑵𝒈𝒂𝒅𝒖𝒍𝒖𝒓 𝒋𝒆𝒖𝒏𝒈 𝑲𝒖𝒍𝒕𝒖𝒓 ” tema ini mengartikan bahwa kebudayaan “Kultur” mampu mempererat persaudaraan ” ngadulur” bertujuan untuk menguatkan tradisi-tradisi yang sudah ada dan diperkenalkan secara Nasional maupun Internasional.

Di acara pembukaan FSM tersebut Bupati Lebak mengatakan, saya sangat mengapresiasi kepada semua puhak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan Frstival Sni Multatuli yang telah lima kali digelar, saya juga sangat berterima kasih kepada Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF) RI.

“Atas dukungannya terhadap gelaran FSM ini, dengan mengagendakan seni tradisi ini masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN), semoga pada tahun yang akan datang, berbagai event lainnya dapat masuk juga dalam Kharisma Event Nusantara, “Ungkapnya.

Ditempat yang sama Imam Rismayadin Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, dalam acara FSM memaparkan,

BACA JUGA :  Bupati Minsel Franky Wongkar Irup di HUT Ke-19 Kabupaten Minahasa Selatan

Festival seni Multatuli ini merupakan ikhtiar yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Lebak dalam rangka membuka ruang interaksi kreatif antara budaya, sekaligus memperkenalkan obyek wisata sejarah, khususnya  museum sejarah anti kolonial yang ada di Provinsi Banten yaitu museum Multatuli.

Event ini akan menyuguhkan juga beberapa acara utama atau 𝑴𝒂𝒊𝒏 𝑬𝒗𝒆𝒏𝒕,  yaitu parade kerbau, karnaval kostum etnik dan telusur jejak Multatuli, sebagai acara pendukung atau 𝑺𝒊𝒅𝒆 𝑬𝒗𝒆𝒏𝒕, yaitu pameran UMKM dan EKRAF, Talkshow Budaya dan pagelaran musik, Permainan Tradisional dan masih banyak lagi berbagai pertunjukan yang lainnya.

“Event ini akan di selenggarakan selama 4(Empat) hari, dimulai dari tanggal 15/18 Juni 2023, dan berlokasi di mesium Multatuli dan alun-alun Rangkasbitung, Provinsi Banten, ” Ucapnya.

BACA JUGA :  Jadi Irup HUT RI ke 76, Walikota Mantiri: Jayalah Negeriku Indonesia

Dihari pertama akan berlangsung pembukaan Event yang didukung dengan pameran Ekonomi Kreatif (EKRAF), permainan tradisional, Tampilan musik “Nyanyian Multatuli” dan tetap mempertahakan tradisi di malam jum’at dengan mengadakan yasinan serta di akhiri dengan tampilan Religi, kemudian dihari kedua akan dilaksanakan pidato kebudayaan, tampilan kesenian dan teatrikal seni Multatuli.

Yang tidak kalah menarik pada hari ketiga ada kegiatan telusur jejak Multatuli yang pendaftarannya dibuka secara online, pada hari kedua peserta yang mendaftar sudah melebihi batas target yang ditentukan yaitu 100 peserta.

Acara telusur jejak multatuli tersebut didukung dengan penampilan musik dan doorprize, yang menarik dicara tersebut  para peserta diajak berwisata edukasi, dimana para pengunjung akan diajak berjalan kaki menelusuri jejak peninggalan dari Max Havelar ( Edward Douwes dekker).

Tentunya bukan hanya itu saja, 𝑴𝒂𝒊𝒏 𝑬𝒗𝒆𝒏𝒕 2023, yaitu parade kerbau dan karnaval Nusantara akan hadir mendukung dihari ketiga Festival, ini menjelang sore hari dan kemudian akan ditutup pada malam harinya dengan 𝑮𝒖𝒆𝒔𝒕 𝒔𝒕𝒂𝒓 Ega robot percussion.

BACA JUGA :  Bupati Terima Sertifikat SK Varietas Muratan 1 dan Muratan 4 dari Batan

Imam menambahkan, Beberapa langkah promosi yang akan dilaksanakan oleh Disbudpar Lebak, seperti pembuatan video, Media Online, Media Cetak, yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Banten bersama Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk mendatangkan wisatawan atau pengunjung yang datang ke event Nasional ini, event ini menargetkan sekitar 25.000/35.000, pengunjung, namun walau demikian akan tetap ada batasan kerumunan dengan berkoordinasi bersama instansi lainnya.

“Diharapkan dengan kegiatan Festival Seni Multatuli 2023 ini, dapat mendorong perputaran ekonomi khususnya mendukung gerakan bangga berwisata di Indonesia dengan tujuan memajukan UMKM  di Kabupaten Lebak, “Pungkasnya.

Untuk mendukung Festival Seni Multatuli 2023, lebih lanjut acara ini dapat di akses melalui Instagram resmi @disbudparlebak atau http://website.www.lebakunique.id.
(ADV)