Daerah

Festival Budaya Spiritual, Ratusan Sedulur Sikep Gelar Rembug Samin

145
×

Festival Budaya Spiritual, Ratusan Sedulur Sikep Gelar Rembug Samin

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Ratusan sedulur Sikep atau para pengikut ajaran Samin Surosentiko menggelar rembug Samin di Pendopo Pengayoman, Desa Kediren, Kecamatan Randublatung, Blora, Rabu (10/7/2024).

Data yang dihimpun media, ada sekitar 500 orang yang berasal dari Enam Kabupaten, yaitu Blora, Kudus, Pati, Grobogan, Rembang, dan Bojonegoro. Mereka semua merupakan pengikut ajaran Samin Soerosentiko.

Advertisement

Acara tersebut merupakan silaturahmi bersama dalam rangka Festival Budaya Spiritual 2024 itu terlaksana berkat kerja bareng antara Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Paguyuban Sedulur Sikep dan Pemkab Blora.

BACA JUGA :  Gubernur NTB Minta LPDB Dukung Permodalan Koperasi Untuk Penguatan UMKM NTB

Pemilihan lokasi di Pendopo Pengayoman Samin, Desa Kediren, tempat itu dipercaya sebagai awal mula lahirnya ajaran laku sikep yang diajarkan Mbah Samin Surosentiko.

BACA JUGA :  Menuju Perubahan Yang Lebih Baik, Saepudin Siap Maju di Pilkades Wanakerta

Di tempat itu, mereka melaksanakan rembug sedulur sikep dengan tema “Ngukuhi Wonge, Nutugno Babadane” (mengonfirmasi orangnya, melanjutkan ajarannya).

BACA JUGA :  Pasca Banjir di Manado, Biddokkes Polda Sulut Berikan Pelayanan Kesehatan

Gun Retno salah satu tokoh sedulur sikep dari Pati, mewakili peserta rembug sedulur sikep menerangkan, di Desa Kediren, Kecamatan Randublatung, Blora, merupakan petilasan awal mula lahirnya ajaran Samin (sikep) yang dicetuskan Samin Surosentiko (1859-1914). Sebelum menyebar ke berbagai wilayah sebagai pedoman hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *