oleh

Gandeng Balai Arkeologi, Rumah Peradaban Tondano Gelar Pameran

NASIONAL XPOS.CO.ID MANADO | Jelang HUT Minahasa ke-593, pemerintah kabupaten Minahasa melalui Rumah Peradaban Tondano menggelar pameran  arkeologi dengan menggandeng Kemendikbudristek UPT Balai arkeologi ( BALAR)  Provinsi Sulut yang dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 1 – 3 November di Benteng Moraya.dini hari Senin(01/11/2021).

Saat di sesi narasumber di jelaskan Kepala Balai Arkeologi, Wuri Handoko, bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai destinasi informasi untuk menyampaikan pentingnya warisan budaya leluhur, supaya masyarakat paham bagaimana fungsi peran dari sumber daya memahami.

“Kalau orang sudah memahami, akan mencintai. Kalau sudah mencintai, pasti otomatis akan lahir kesadaran untuk melestarikan warisan budaya,” terang Handoko.

Handoko menambahkan bahwa kita memberikan contoh, jika orang melihat waruga di mana saja, tidak langsung digusur atau hancurkan karena mereka paham bahwa ada nilai dalam waruga tersebut. Seperti nilai budaya, nilai kemanusiaan, dan nilai peradaban, yang nantinya nilai-nilai itu akan diaktualisasikan ke kondisi sekarang sehingga memungkinkan untuk pembangunan berkelanjutan.

Ditempat yang sama Kadis Pendidikan, Tommy Wuwungan, memberikan apresiasi kepada Balai Arkeologi ( BALAR) Propinsi Sulawesi Utara yang mana untuk kali pertama menyelenggarakan kegiatan bertajuk arkeologi di Kabupaten Minahasa.

“Jajaran dinas pendidikan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang melibatkan siswa SMA, di mana materi yang diberikan dalam kegiatan ini adalah materi yang dapat memotivasi para siswa untuk lebih maju, yang mana ilmu arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan di masa lampau, yang mau tidak mau mereka akan memiliki pengetahuan tentang kebudayaan masyarakat dari generasi ke generasi,” kata Kadis Wuwungan.

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan pameran Rumah Peradaban Tondano Irfanuddin Wahid Marjuki saat dimintai keterangan terkait lamanya pameran digelar dan dikatakan nya ” Pameran dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 1- 3 November 2021″ pungkasnya.

Turut Hadir sebagai pemateri: Sekretaris Daerah, Frits Muntu, S.Sos; Kadis Pariwisata, Drs. Teddy Sumual, MAP; Kadis Pendidikan, Tommy Wuwungan, SPd; dan Kepala Balai Arkeologi, Wurry Handoko. Juga dihadiri sejumlah siswa dari SMA 1 Tondano sebagai peserta.( TEVRI )

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed