Daerah

Gebyar Screening PTM ( Penyakit Tidak Menular ) Upt Puskesmas Jawilan Kabupaten Serang

300
×

Gebyar Screening PTM ( Penyakit Tidak Menular ) Upt Puskesmas Jawilan Kabupaten Serang

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, SERANG – Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Jawilan gelar kegiatan Screening Penyakit Tidak Menular (PTM), di Kantor Desa Kareo, kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, rabu (17/05/2023).

Pemeriksaan gratis diantaranya, edukasi penyuluhan pemeriksaan fisik, pengukuran BB TB lingkar perut, Cek tensi darah, pencegahan dan pengendalian pengakit hipertensi, DM cek kolesterol, pemberian obat gratis untuk hipertensi.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Sasaran 5000 orang sekecamatan jawilan deteksi hipertensi, Kepala puskesmas Jawilan Imas Migiarti,.SKM,. M.S.I,. saat ditemui disela sela kegiatan mengatakan gelaran pengobatan kesehatan gratis dilakukan bukan hanya di desa melainkan di sekolah atau pun institusi yang ada di kecamatan Jawilan dan sekaligus menyambut hari hipertensi sedunia.

“Di hari hipertensi sedunia puskesmas Jawilan menggelar pengobatan gratis, kita lakukan di desa kareo, sasaran 5000 orang sekecamatan jawilan harus kita deteksi untuk hipertensi ini, untuk kegiatan ini memang kita bertahap 10 hari untuk kegiatan ini, jadi bukan hanya di desa tapi disekolah sekolah, institusi juga di puskesmas kita laksanakan sambut hari hipertensi sedunia ini, dan jumlah sasaran yang kita ambil adalah 5000 orang, sampai hari ini kita sudah mendapatkan sasaran 2000 orang terdeteksi atau Skrining hipertensi di puskesmas Jawilan,” Jelasnya.

Lebih lanjut, Kepala Puskesmas Jawilan mengatakan kasus hipertensi di kecamatan Jawilan telah 70 persen tertangani.

“Pada tahun 2022 jumlah penyakit hipertensi di kecamatan Jawilan ada 1200 dari sasaran 4000 orang, Jadi sekitar 70 persen tertangani secara standar, ” Pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala desa Kareo H Rusjani mengatakan sangat mendukung kegiatan pemeriksaan kesehatan untuk warga nya yang digelar oleh puskesmas Jawilan

“Saya sangat mendukung kegiatan pemeriksaan kesehatan yang di lakukan puskesmas Jawilan yang digelar di kantor desa, dan warga kami sangat terbantu dengan kegiatan tesebut, serta mengucapkan terimakasih semoga warga kami kesehatan selalu terjaga, ” ucap Kepala Desa H Rusjani.

 

Tampak antusias warga desa Kareo kecamatan Jawilan sangat tinggi terlihat kunjungan ke kantor desa untuk memeriksakan kesehatannya dalam kegiatan tersebut. (Syt)

BACA JUGA :  HUT Dekranas ke-41, 10 Pengrajin NTB Dapat Bantuan Modal Usaha