DaerahPemerintahan

Gubernur Al Haris Dorong Pengusaha Perhatikan Hak Hak Buruh

40
×

Gubernur Al Haris Dorong Pengusaha Perhatikan Hak Hak Buruh

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, JAMBI– Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH mendorong agar pengusaha selalu memperhatikan hak-hak buruh/pekerja, seperti upah yang layak, jam kerja yang wajar, jaminan kesehatan serta keselamatan kerja dan kenyamanan kerjanya. Dorongan tersebut disampaikan Gubernur saat menghadiri Peringatan Hari Buruh (May Day) Tingkat Provinsi Jambi yang diselenggarakan oleh SBMI (Serikat Buruh Mandiri Indonesia) se-Provinsi Jambi dan Rakerwil, bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Baru Jambi, Rabu (29/05/2024).

Gubernur Al Haris mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen meningkatkan kesejahteraan pekerja dan berupaya menciptakan iklim kondusif bagi dunia usaha dan ketenagakerjaan. “Semakin hari Upah Minimum Regional (UMR) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) semakin hari semakin baik. Pemerintah Provinsi Jambi selalu mengingatkan para pengusaha agar buruh-buruh yang ada di Jambi tolong dilindungi, berikan kesejahtaraan, hak-haknya jangan dikurangi. Berikanlah sesuai ketentuan yang berlaku, karena mereka sudah berkerja sangat luar biasa,” kata Gubernur Al Haris.
Dalam kesempatan tersebut Gubernur Al Haris juga memberikan apresiasi kepada para pekerja terutama mak-mak gaul yang berjuang membantu mencari nafkah untuk keluarga. Selain itu Gubernur Al Haris juga berharap mereka ini mendapat perhatian dari perusahaan tempat dimana mereka bekerja. “Saya sangat mengapresiasi para pekerja mak-mak gaul yang berjuang membantu mencari nafkah keluarga berjuang untuk kehidupannya, bagi perusahaan tolong perhatikan hak-hak mereka, pemerintah daerah akan selalu melindunginya,” ujar Gubernur Al Haris.
“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi, saya menyampaikan Selamat Hari Buruh kepada seluruh buruh/pekerja seluruh Indonesia, khususnya buruh/pekerja di Provinsi Jambi. Para pekerja/buruh berperan penting dan berdampak luas dalam kemajuan industri Indonesia, berkontribusi pada inovasi, efisiensi dan kualitas yang mendorong pertumbuhan ekonomi,” lanjut Gubernur Al Haris.
“Juga Serikat Buruh Mandiri Indonesia (SBMI), khususnya DPD SBMI Provinsi Jambi, selaku organisasi persatuan para pekerja/buruh Indonesia yang membantu meningkatkan kesejahteraan dan memperjuangkan hak buruh secara luas,” imbuh Gubernur Al Haris.
Gubernur Al Haris menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi mendorong dunia usaha dan dunia industri untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergisitas dengan pemangku kepentingan dan pihak terkait dalam rangka mendukung para pekerja/buruh untuk meningkatkan kompetensinya, mempersiapkan pekerja/buruh Provinsi Jambi yang berdaya saing.
Gubernur Al Haris berharap para pekerja/buruh Provinsi Jambi agar senantiasa semangat menata masa depannya, ikut terlibat dalam perkembangan dan kemajuan ketenagakerjaan Provinsi Jambi dan Indonesia, senantiasa mengasah diri, meningkatkan kapasitas diri sehingga dapat beradaptasi dengan perubahan kebutuhan dan kemajuan dunia usaha dunia industri. “Saya berharap seluruh pekerja/buruh Provinsi Jambi terus solid dan bersatu dalam memperjuangkan hak sekaligus meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan pihak terkait untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas diri, menjadi tenaga kerja Provinsi Jambi dan Indonesia yang memiliki keahlian mumpuni dan berdaya saing,” harap Gubernur Al Haris.
“Selamat Hari Buruh Tahun 2024, semoga momentum ini memberikan semangat dan motivasi semua pihak untuk menciptakan pekerja/buruh Provinsi Jambi dan Indonesia yang kompeten dan kompetitif sebagai ikhtiar menciptakan sumber daya manusia Provinsi Jambi yang unggul dan berkualitas serta demi peningkatan kemajuan perekonomian Provinsi Jambi,” pungkas Gubernur Al Haris.
Sementara itu, Ketua SBMI Provinsi Jambi Gonner Gultom menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi yang telah menyempatkan hadir pada acara ini. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Al Haris, walaupun begitu padat jadwal acara bapak, masih memberikan waktu dan kesempatan untuk datang di acara hari buruh ini,” katanya.
“Memperingati hari buruh ini bertujuan bersama-sama bagaimana kita mensejahterakan buruh, pekerja dan petani Provinsi Jambi. Peringatan Hari Buruh (May Day) Tingkat Provinsi Jambi oleh SBMI (Serikat Buruh Mandiri Indonesia) se-Provinsi Jambi dan Rakerwil dihadiri 1000 peserta dari 11 kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, selain itu para buruh juga siap mendukung program kerja Pemerintah Provinsi Jambi,” tambahnya. (is)

BACA JUGA :  Gubernur Jambi Al Haris Dampingi Menteri Perdagangan Zulhas Tinjau Pasar Talang Banjar Kota Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *