by

Guna Menjaga Ketahanan Pangan, Babinsa Turun Kesawah

-Nasional-63 views

NASIONALXPOS.CO.ID. BEKASI – Dalam rangka menyukseskan swasembada pangan nasional, Babinsa Koramil13/Kedungwaringin membantu petani membersihkan rumput liar, Selasa (5/1/2021).

Serda Mulyo dan Kopda Dwi saat membantu membersihkan rumput liar di sawah milik iman warga Kampung kandang Rt 09/05 Desa Karang mekar
Kecamatan, Kedungwaringin Kabupaten Bekasi.
dirinya sekaligus melakukan pendampingan.

Serda Mulyo menuturkan, unit rumput liar atau gulma merupakan bagian dari perawatan tanaman padi, sehingga keberadaannya tidak bisa dibiarkan, karena sangat mengganggu tanaman induk (padi), terlebih-lebih pada saat pertumbuhan hingga pematangan.

“Gulma ini harus dibasmi, karena sangat besar sekali pengaruhnya dan biarkan dibiarkan akan mengakibatkan tanaman padi rusak dan lambatnya perkembangan padi dalam proses pembuahan,” ungkapnya.

Lahan seluas 1 Ha milik Warsito yang ditanami padi jenis gogo tersebut saat ini sudah mulai tumbuh namun banyak juga rumput-rumput yang ikut tumbuh di sekitarnya. “Untuk itu, saya membantu keluarga Warsito melakukan perawatan tanaman padi miliknya dengan membersihkan rumput-rumput yang ada disekitar tanaman padi tersebut,” katanya.

Saat di Jumpai menurut Danramil saat Kapten chb Agus trijoko Dengan Babinsa turun ke sawah membantu petani penggarap agar dilakukannya perawatan yang baik diharapkan tanaman padi dapat tumbuh dengan subur sehingga nantinya dapat menghasilkan padi yang maksimal.

“Sedangkan kegiatan pembinaan teritorial yang saya lakukan ini juga merupakan wujud nyata bahwa TNI Angkatan Darat juga turut serta membantu pemerintah dalam rangka mewujudkan swasembada pangan di wilayah,” terangnya.

Iman sebagai Petani penggarap mengatakan bahwa tanaman padi miliknya seluas 1,5 Hektar sudah dilakukan perawatan berupa penyemprotan obat rumput namun rumput-rumput tersebut masih ada saja yang hidup. Untuk itu, ia melakukan perawatan dengan cara manual yaitu mencabuti rumput-rumput yang ada disekitaran tanaman padi.

Dirinya sangat “Terima kasih banyak kepada Babinsa Koramil 13/Kedungwaringin yang telah membantu saya melakukan perawatan membersihkan tanaman padi, dengan adanya pendampingan tersebut kami benar-benar merasa terbantu,” ucap Iman

Nito/wiro

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed