DaerahRagam

Kades Teluk Rendah Ulu Kabupaten Tebo Serahkan Bantuan Ketapang Hewani dan Nabati kepada Warga

570
×

Kades Teluk Rendah Ulu Kabupaten Tebo Serahkan Bantuan Ketapang Hewani dan Nabati kepada Warga

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, TEBO – Kepala Desa Teluk Rendah Ulu Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, A. Fauzi, S. Pd. I dan perangkat Desa melakukan penyerahan bantuan Ketahanan Pangan (Ketapang) jenis ayam kampung tahun 2022 kepada warga yang layak mendapatkannya, Selasa (09/08).

Penyerahan bantuan Ketapang ini diserahkan langsung oleh Kepala Desa Teluk Rendah Ulu di Kantor Desa Teluk Rendah Ulu kepada masyarakat Desa Teluk Rendah Ulu sesuai dengan peruntukannya.

Dikatakan oleh Kepala Desa A. Fauzi bahwa penyerahan bantuan ini diberikan kepada seluruh masyarakat Desa Teluk Rendah Ulu berdasarkan jumlah rumah yang ada di desa mereka.

Adapun pembagian ayam ini diberikan sebanyak 2 ekor ayam per rumah dengan tujuan guna menunjang ketahanan pangan hewani di Desa Teluk Rendah Ulu berdasarkan aturan pemerintah yang berlaku.

“Pembagian ayam ini diberikan sebanyak 2 ekor ayam per rumah dengan tujuan guna menunjang ketahanan pangan hewani di Desa Teluk Rendah Ulu berdasarkan aturan pemerintah yang berlaku,” kata A. Fauzi.

Kami berharap dengan pembagian ayam ini warga dapat mengembang biakkan ayam kampung sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga Desa Teluk Rendah Ulu ini dengan signifikan nantinya,” tambah A. Fauzi.

BACA JUGA :  Bupati Tebo H. Aspan Ajak Perusahaan Studi Tiru Perbaikan Jalan Betung Berdarah - Muara Tabir

Kemudian ayam kampung sendiri merupakan hewan yang mudah alam berkembang biak dan juga aman dari penyakit oleh karena itulah kami memilih komoditas ayam kampung yang dibagikan ke masyarakat,” imbuh A. Fauzi.

Selanjutnya penyerahan bantuan ini juga agar dapat mengurangi tingkat stunting di Desa Teluk Rendah Ulu dan nantinya setelah berkembang bisa dikonsumsi oleh masyarakat dengan mendapatkan pasokan daging ayam yang bergizi.

Dan ini merupakan salah satu program Desa Teluk Rendah Ulu menuju desa MADANI sesuai dengan cita cita kami,” jelasnya.

Untuk penyerahan bantuan Ketapang Hewani ini dengan menggunakan Dana Desa Tahun 2022,” pungkas Kades A. Fauzi.

Salah satu warga yang menerima bantuan Ketapang Hewani ini kepada media ini mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada Kepala Desa. Dengan adanya bantuan ini, kami akan berupaya mengembang biakannya sehingga nantinya kami gak perlu membeli kebutuhan daging keluar desa saat diperlukan. Karena kami sudah sudah memilikinya sendiri,” pungkasnya dengan rasa senang.

BACA JUGA :  4 Klub Lolos Liga 3 PSSI NTB, HBK: LFC Ingin jadi Jawara NTB

Selain itu dilakukan juga penyerahan bantuan program ketahanan pangan nabati (bibit sayur dan buah) yang diberikan langsung kepada masyarakat Desa Teluk Rendah Ulu yang membutuhkan.

Penyerahan bantuan ini diberikan kepada warga yang bertujuan menunjang ketahanan pangan Desa Teluk Rendah Ulu sesuai dengan tujuan Ketahanan Pangan Nasional Indonesia.

Dengan pemberian bibit tanaman ini supaya bisa di tanam oleh masyarakat di lahan pribadi warga masing-masing yang mana nantinya hasil dari bibit tersebut bisa dikonsumsi oleh masyarakat dan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di kala musim panen nantinya telah tiba untuk diperjual belikan melalui hasil dari bibit tersebut.

Berbagai macam bibit yang diberikan kepada masyarakat diantaranya bibit cabe panjang, cabe pendek, ketimun, kacang panjang, terong , jagung dan banyak lagi macamnya.

Terpisah masyarakat mengatakan dengan adanya bantuan bibit ini sangat membantu warga di bidang pertanian sehingga mereka tidak perlu lagi mengeluarkan modal dalam pembelian bibit dan masyarakat merasa sangat terbantu dengan diberikannya bibit ini.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Tebo Dampingi Anggota DPR RI Hasan Basri Agus

Hanya ucapan terima kasih yang bisa kamin sampaikan kepada Kepala Desa dan Pemerintah Desa Teluk Rendah Ulu. Kami sangat senang menerima bantuan bibit ini sehingga kami bisa menanam di pekarangan rumah atau di kebun,” ungkap warga yang ditemui media ini.

Harapan ke depannya dengan bantuan ketahanan pangan nabati dengan bentuk bibit sayuran ini dapat menunjang serta mengurangi angka stunting di Desa Teluk Rendah Ulu selain itu anak anak mendapatkan asupan nutrisi beserta gizi yang cukup,” pungkas Kades.

Dengan mengkonsumsi sayuran dan buah serta makanan bergizi lainnya dapat menekan angka stunting di Desa Teluk Rendah Ulu.

Hal ini sesuai dengan tujuan Pemerintah Kabupaten Tebo yang mana angka stunting yang harus di capai adalah sebesar 16% maka oleh karena itu sangat amat diperlukan mengkonsumsi makanan yang bergizi sehat dan seimbang,” pungkasnya. (is)