oleh

Kemenag Baubau Bina dan Evaluasi BOP KUA

NASIPNALXPOS.CO.ID, BAUBAU/SULTRA -Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Seksi Bimas Islam) Kantor Kementerian Agama (Kan Kemenag) Kota Baubau selenggarakan kegiatan pembinaan dan evaluasi Bantuan Operasional (BOP) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di lingkungannya.

Kegiatan di buka Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali, S. Ag., M.Pd, didampingi Kasubbag TU, Khairiyati Rahma, S.HI., M.HI dan Kasi Bimas Islam, H. Sanuddin, S.Ag, MA dengan peserta para Kepala KUA Kecamatan beserta bendahara KUA di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara Rabu (28/7/2021).

Menurut, “H. Rahman Ngkaali, kebijakan Kantor Kementerian Agama dalam pembinaan dan Evaluasi BOP KUA harus dapat dipertanggungjawabkan (akuntabel), transparan, efektif dan efisien.

Pada prinsipnya pengelolaan BOP yang terus kami bina dan evaluasi itu, harus bersih dari penyalahgunaan, harus tepat jumlah, tepat sasaran, tepat waktu, tepat prosedur dan juga tepat laporan pertanggungjawaban, kata, Mantan Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Sultra.

“Kegiatan kita hari ini, adalah kita mengevaluasi melakukan pembinaan terhadap bagaimana penggunaan BOP perkantoran kita. Jadi ada satu aspek yang harus kita perhatikan soal Aspek Akuntabilitas dalam pelaporan keuangan, berkomitmen sejak dari awal. Dan harapannya perumusan penjadwalan kegiatan dan penggunaan dana operasional perkantoran, berjalan baik tepat guna, tepat sasaran, tegasnya .

Jadi ketika kita diberi tanggung jawab, diberikan amanah untuk mengelola keuangan itu maka kita harus pertanggung jawabkan secara benar, transparan, terang Mantan Kasubbag Organisasi Tata Laksana dan Kepegawaian Kanwil Kemenag Sultra.

Dilanjutkan, Mantan Kepala KUA Kec. Laonti Konsel, sehubungan dengan penguatan Kantor Urusan Agama Kecamatan di Kota Baubau, bahwa alhamdulilah hampir semua KUA sudah ada tanahnya muda- mudahan secara bertahap kita sudah bisa bangun.

Jangan lupa program prioritas pak Menteri masih pada Moderasi beragama, ungkap, Rahman Ngkaali.

Sebelumnya, Ketua Panitia kegiatan, (Syahruddin) mewakili Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Baubau, melaporkan kegiatan terjadwal selama dua hari dengan sumber anggaran dari Satker Bimas Islam Kantor Kemenag Baubau.

“Narasumber kegiatan, Kepala Kantor Kemenag Baubau ada juga dari pihak KPPN Baubau dan para Pengelola Keuangan Kantor Kemenag Baubau serta Kepala Penyelenggara Zakat Wakaf, Kasi Bimas Islam dan Kasubbag TU Kantor Kemenag Baubau.

Pantauan kami, pembukaan di hadiri sejumlah panitia, peserta dan narasumber dengan mentaati protokol kesehatan. (NDS)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed