Scroll Untuk Baca Berita
Daerah

Kirab Obor Porprov 2023 di Blora Berjalan Meriah

385
×

Kirab Obor Porprov 2023 di Blora Berjalan Meriah

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Kabupaten Blora, Jawa Tengah siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah pada tahun 2023.

Pada Porprov Jateng 2023 yang berlangsung dari Tanggal 5 – 11 Agustus 2023 itu, Blora akan menjadi tuan tumah untuk 11 cabang olahraga (cabor).

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Kesebelas cabor tersebut antara lain angkat besi, angkat berat, tenis lapangan, menembak, panjat tebing, aeromodelling, sambo, jujitsu, judo dan panahan serta binaraga.

Sebelum pesta olahraga tersebut berlangsung, terlebih dahulu dilakukan kirab api yang dimulai dari Desa Gagakan, Kecamatan Kunduran yang menjadi desa perbatasan antara Kabupaten Blora dengan Kabupaten Grobogan.

Api yang digunakan untuk kirab tersebut bersumber dari api abadi mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan dalam sebuah prosesi pengambilan yang dilakukan Bupati Grobogan, Sri Sumarni.

BACA JUGA :  Bupati Blora Instruksikan Pemutakhiran Data Berbasis SDGs Desa Harus Valid

Kegiatan kirab api Porprov Jateng XVI di Blora juga berlangsung meriah.

Kedatangan api Porprov Jateng 2023 diterima di perbatasan Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora di Desa Gagakan, Kecamatan Kunduran.

Obor tersebut diserahkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Grobogan Heru Dwi Cahyono kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Blora Irfan Agustian Iswandaru.

Api obor Porprov yang diterima di Tugu Blandong di Desa Gagakan dimeriahkan dengan kesenian barongan.

Api kemudian dikirab oleh tim pelari yang terdiri dari para camat dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Blora.

Konvoi kendaraan VW antik dari Komunitas VW Blora juga turut memeriahkan pengiringan kirab tersebut.

BACA JUGA :  Wali Kota Baubau Berterima Kasih dengan Adanya Sekolah Regina Pacis

Di sepanjang jalan yang dilalui, para siswa SD, SMP dan SMA menyambut kirab api tersebut dengan melambaikan bendera merah putih berukuran kecil.

Setelah dinaikkan ke kendaraan khusus di depan balai desa Gagakan, api selanjutnya dibawa menuju Kota Blora.

Wakil Bupati (Wabup) Blora, Tri Yuli Setyowati menyambut kedatangan api tersebut di kawasan kuliner Koplakan.

Kirab obor Porprov dilanjutkan dengan membawa api tersebut menuju pendopo rumah dinas bupati oleh tim pelari yang dipimpin Wabup Tri Yuli Setyowati yang juga diserahi tugas sebagai komandan kontingen Blora pada Porprov Jateng 2023.

Selanjutnya, obor tersebut diterima oleh Bupati Blora, Arief Rohman di Pendopo Rumah Dinasnya.

“Kirab api ini bagian dari prosesi menjelang pelaksanaan Porprov Jateng. Semoga Porprov Jateng di Blora berlangsung sukses,’’ kata Arief berdasarkan keterangan tertulisnya, Rabu (2/8/2023).

BACA JUGA :  PWRI Blora Tolak Keras Pers Tour yang Telan Anggaran Rp 120 Juta, Kenapa?

Obor api tersebut kemudian diinapkan satu malam di pendopo rumah dinas bupati, untuk selanjutnya dibawa ke perbatasan Kabupaten Blora – Rembang dan diserahkan kepada Pemkab Rembang pada Kamis (3/8/2023) besok.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Blora, Hery Sutiyono mengatakan bersamaan dengan estafet kirab api Porprov menuju Rembang, akan dilakukan pula pelepasan kontingen Blora untuk berlaga di Porprov Jateng 2023.

‘’Pelepasan kontingen digelar di alun-alun pada Kamis pagi,’’ kata dia.

Sekedar diketahui, Porprov Jateng digelar pada 5-11 Agustus 2023. Lima kabupaten di Pati Raya yakni Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara dan Grobogan menjadi tuan rumah Porprov edisi ke-16 tersebut. (Riyan)