Scroll Untuk Baca Berita
Daerah

Kisah Pastor Aktifkan Kembali 2 Sekolah, Diapresiasi Masyarakat Puncak Papua (Ilaga)

642
×

Kisah Pastor Aktifkan Kembali 2 Sekolah, Diapresiasi Masyarakat Puncak Papua (Ilaga)

Sebarkan artikel ini
Pastor Yanuarius Yance W. Yogi saat berbincang dengan masyarakat Puncak Papua (Ilaga). Sabtu, (6/1/2024). Foto: Agus Mabel/Nasionalxpos.co.id

NASIONALXPOS.CO.ID, PUNCAK PAPUA – Di tengah konflik bersenjata, wilayah yang dikategorikan wilayah merah antara Puncak Ilaga, Intan Jaya. Warga masyarakat mengapresiasi Pastor Yanuarius Yance w. Yogi Pr, atas dedikasinya yang telah mampu membangkitkan kembali pendidikan sekolah katolik yang sudah lama tak berjalan aktif di kedua wilayah tersebut. Sabtu, (6/1/2024).

BACA JUGA :  Tetap Waspada, Kasus Covid-19 di Sultra Masih Melonjak

Menurut salah satu warga, apa yang telah dilakukan Pastor dengan mengaktifkan kembali 2 sekolah tersebut, memberikan harapan baru kepada anak-anak mereka dalam mengenyam pendidikan.

Sementara Pastor Yanuarius mengatakan bahwa, pendidikan adalah hal yang utama dalam mengejar cita-cita dan keinginan. Atas dasar itulah, dirinya bertekad mengaktifkan 2 sekolah YPPK, salah satunya di Intan Jaya di mana sudah lebih dulu berjalan baik, mulai dari SD hingga SMP YPPK.

“Hal yang sama di Puncak Ilaga juga kami lakukan, dengan mulai mengaktifkan sekolah pada tanggal 3 dan 4 Januari 2024 hingga mendatangkan guru-guru kontrak untuk dapat mengajarkan anak-anak murid, seperti intan Jaya hari ini,” tuturnya.

Pendidikan di Puncak Papua (Ilaga) perlu ditangani lebih serius oleh Pemerintah Daerah. Dengan adanya misi katolik di tengah masyarakat, mampu mengobati pendidikan anak dan persekolahan Katolik (YPPK) yang ada di Puncak Papua dengan mengaktifkan 2 sekolah tersebut.

BACA JUGA :  Ketum Komite Independen Batak Tagor Aruan Tanggapi Pernyataan Cristian Pundulay : 'Papua Saudara Kami'

Pastor Yanuarius mengingatkan, pendidikan akan mengubah hidup masa depan generasi Papua. (Agus Mabel)