Nasional

Kodim 1512/Weda Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

266
×

Kodim 1512/Weda Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID,HALTENG- Komando Distrik Militer (Kodim) 1512/Weda menggelar upacara peringatan hari lahir pancasila 1 juni 2023 berlangsung di lapangan Makodim 1512/Weda. Kamis (01/06/2023).

Tema yang di usung pada upacara peringatan hari lahir pancasila tahun 2023 yakni ” Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global ”

Hadir dalam kegiatan upacara peringatan hari lahir pancasila yaitu, Kasdim 1512/Weda Mayor Kav. Arlan Kase Harahap, Pasi Ops Kapten Inf. Juliaddin, Dan Unit Lettu Inf. Jimmy P, Pasi Log Letda Inf. Suyono, Danramil 01/Weda Lettu Inf. Sopian L, Batih pers Pelda Asep dan Batih Ops Sertu Wally.

Kepala Staf Kodim 1512/Weda Mayor Kav. Arlan Kase Harahap sebagai inspektur upacara dan membacakan amanat dari Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono.

BACA JUGA :  Kasdam XIII/Merdeka Hadiri Festival Bunaken 2022

“Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat, ” Ungkap Panglima TNI.

“Sebagai prajurit TNI, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan. Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” Tambahnya.

BACA JUGA :  Kapolres Tommy Souissa SIK, Support Penuh Program Pemerintah Memutus Penyebaran Covid-19

Orang nomor satu di TNI tersebut juga berpesan kepada seluruh prajurit untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila.

“Fenomena intoleransi dan polarisasi di tengah masyarakat terus mengemuka. Selain itu perbedaan suku, agama, ras, dan golongan juga terus diangkat guna memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya.

Mengakhiri amanatnya, Panglima TNI menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit, yaitu;

Pertama, TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pegang teguh sumpah dan janji kalian untuk selalu setia kepada NKRI. Jangan terpengaruh dengan upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

BACA JUGA :  Polda Sulut Gelar Apel Kesiapan Antisipasi Karhutla

Terlebih saat ini tahapan Pemilihan Umum serentak telah dimulai, untuk itu saya perintahkan kalian semua untuk tetap menjaga netralitas TNI!

Kedua, jadilah perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan. Tonjolkan persamaan dan kesampingkan perbedaan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kedinasan maupun ketika berbaur dengan masyarakat.

Ketiga, jaga terus sinergitas TNI dengan Polri, Kementerian, serta lembaga lainnya. Sadari bahwa TNI adalah bagian dari sistem yang saling membutuhkan, sehingga diperlukan semangat untuk bekerjasama, bersinergi dan bergotong-royong dalam upaya memajukan bangsa. (Sa)