Advetorial

OS Latsh Arabic Sweet, Sajikan Baklawa dan Kunafa Original Syria

618
×

OS Latsh Arabic Sweet, Sajikan Baklawa dan Kunafa Original Syria

Sebarkan artikel ini
Ola Latsh (kanan) bersama owner OS latsh Arabic Sweet Samar Al Sheikh (kiri), Jumat, (17/5/2024). Foto: Uchan/nasionalxpos.co.id

NASIONALXPOS.CO.ID, BADUNG – Banyak yang belum mengetahui bahwa kudapan Baklawa dan Kunafa berasal dari jazirah Arab, tepatnya dari kota Aleppo Syria.

Dikisahkan, pada awal abad kesembilan belas, warga negara Turki bernama Mehmet Gullu mengangkut kudapan manis jenis ini dari kota Aleppo di Syria ke Gaziantep di Turki selatan, dan dari sanalah akhirnya tersebar ke seluruh penjuru negara dan dunia.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Kudapan manis tradisional yang mirip pastry ini berisi kacang pistachio dan disiram dengan madu atau syrup manis serta dipanggang sampai teksturnya menjadi renyah. Untuk Kunafa sendiri, ditambahkan dengan keju.

BACA JUGA :  Putuskan Mata Rantai Covid19, Bupati ROR Minta Camat Hinggah HukumTua Ketatkan PPKM

Satu-satunya di Indonesia yang menjual berbagai jenis Baklawa dan Kunafa asli dari Syria terdapat di wilayah Kuta tepatnya di OS Latsh Arabic Sweet, Jalan raya kuta nomor 108, Badung, Bali.

BACA JUGA :  Disbudpar Lebak Gelar Festival Seni Multatuli 2023  Membuka Ruang Interaksi  Kreatif Antar Budaya

Chef OS Lasth Arabic Sweet Ola Latsh mengatakan kepada media nasionalxpos.co.id, Jumat, (17/5/2024). sejarah Baklawa dan Unava memang berasal dari Syria. Bahkan dia mengaku, sejak tahun 1933, kakeknya sudah berjualan Baklawa dan Kunafa di kota mereka Tartous, Syria.

“Tahun 1933 Kakek saya sudah berjualan Baklawa dan Kunafa dengan Carts (gerobak.red). Sampai saat ini saya satu-satunya yang meneruskan usaha kakek saya,” ucap Ola.