Daerah

Pangdam XIII/MDK Buka Kegiatan Apel, Dansat Tingkatkan Kualitas Kepemimpinan

866
×

Pangdam XIII/MDK Buka Kegiatan Apel, Dansat Tingkatkan Kualitas Kepemimpinan

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, MANADO –
Apel dihadiri oleh para Komandan Satuan Dansat jajaran Kodam XIII/Mdk, Pangdam XIII/Mdk Mayjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh membuka kegiatan Apel Dansat tersebar Kodam XIII/Mdk, Rabu 18/5/2022, bertempat di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/MDK.

Disampaikan Pangdam XIII/Mdk dihadapan peserta Apel Dansat, bahwa apa yang menjadi prioritas, target dalam Apel Dansat TA 2022 ini, semua di titik beratkan kepada kualitas peningkatan, kualitas kepemimpinan dan kemampuan manajerial oleh para komandan satuan dalam pemeliharaan kemantapan satuan untuk mewujudkan kesiapan operasional.

BACA JUGA :  Pemisahan Bayi Kembar Siam Joana dan Jofelin Sukses, Pangdam XIII/MDK: Terima Kasih Tim Dokter

“Apel Dansat merupakan sarana pimpinan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja satuan bawah, sekaligus memberi arahan khusus bagi komandan satuan dalam membangun profesionalisme dan militansi prajurit agar dapat diandalkan untuk menghadapi tantangan tugas ke depan,” ujar Pangdam XIII/MDK.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan bahwa untuk mewujudkan semua itu, diperlukan para Dansat/Pemimpin yang berkarakter dan hebat.
“Dandat atau pemimpin yang hebat ciri-cirinya sederhana yakni, dicintai anak buah, dihormati, diidolakan, dikagumi dan selalu diharapkan kehadirannya,”
imbuhnya.

Pangdam juga menekankan kepada seluruh peserta Apel, bahwa yang menjadi tantangan adalah bagaimana bisa menerapkan semua itu untuk menjadi perwira yang baik, dan bagaimana agar bisa menjadi pemimpin yang baik.
“Sesungguhnya pemimpin dituntut bukan hanya untuk menjadi pemimpin yang baik, akan tetapi juga kualitas yang baik bagi seorang pemimpin untuk anggotanya,”tegas Mayjen Tuejeh.

BACA JUGA :  Kunker Panglima TNI Jendral Andika Disambut Pangdam XIII/MDK

Apel Dansat tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang bertujuan untuk menggugah semangat dan jiwa Nasionalisme para peserta Apel Dansat dan dilanjutkan dengan paparan Danyonif 713/ST selaku Batalyon yang ditunjuk sebagai satuan yang disiapkan untuk melaksanakan tugas operasi di luar negeri, paparan Dandim 1303/Bolmong selaku satuan Pembinaan Teritorial (Binter) dan pembekalan tertib administrasi Pertanggungjawaban keuangan (wabku) dari Kudam, serta diskusi dalam menghadapi tugas ke depan.

BACA JUGA :  Rapat Pleno KPU Mura Baru Tuntas 5 Kecamatan

Kegiatan Apel Dansat ini rencanya akan dilaksanakan selama 3 hari, dengan rangkaian kegiatan (Gowes) bersepeda, menembak pistol eksekutif dan senapan reaksi, senam bela diri, senam sparko dan olahraga umum.

Turut hadir dalam Apel tersebut antara lain, Kasdam, Irdam, Kapoksahli para Danrem, para Kabalak, para Dandim dan Para Danyon.

(Jefry Kandouw)