Scroll Untuk Baca Berita
DaerahPemerintahanTNI & Polri

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemkab Gianyar Gelar Apel Bersama

1637
×

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemkab Gianyar Gelar Apel Bersama

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, GIANYAR – Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pemkab Gianyar melaksanakan apel bersama di Halaman Kantor Bupati Gianyar, Sabtu (1/10/2022).

Pada Kesempatan tersebut, Bupati Gianyar I Made Mahayastra langsung menjadi inspektur upacara, seraya mengenang jasa pahlawan dan para pendahulu bangsa. Sebagai alat pemersatu bangsa, Pancasila memiliki makna menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada. Makna lainnya, Hari Kesaktian Pancasila sebagai jembatan untuk mengingat kembali perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila. Tak hanya mengingat, tetapi juga mengenang, menghormati, juga menghargai.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Pada apel tersebut juga dibacakan ikrar Bahwa Kemerdekaan Negara Kesatuan Bangsa Republik Indonesia telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, namun pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA :  Pemkab Blora dan Pemprov Aceh Jalin Kerjasama Bidang Pariwisata dan Kebudayaan

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Namun dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperoleh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA :  TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0721/Blora Resmi Ditutup dan Diserahterimakan

Maka, dalam ikrar tersebut, di hadapan Tuhan Yang Maha Esa peserta apel dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Uchan)