by

POLRI Luncurkan Aplikasi SIM Nasional Presisi, yang Dihadiri Wakil Bupati Blora

-Daerah-174 views

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA- Launching Aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR), yang merupakan terobosan jajaran Kepolisian RI untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang dilaksanakan secara virtual, bertempat di Lobby Mapolres Blora, Selasa (13/4/2021).

Launching secara nasional dipimpin oleh Kapolri dan dihadiri Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST, MM, yang mewakili Bupati H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, serta diikuti oleh jajaran Polres Blora, jajaran Forkopimda, BRI Cabang Blora, BNI, dan PT. POS Indonesia melalui aplikasi zom meeting.

Dalam laporannya, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyampaikan, bahwa pelayanan SIM online bisa untuk proses perpanjangan maupun pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru.

Mengurus SIM secara online bisa dilakukan melalui aplikasi SINAR (SIM Presisi Nasional) yang dapat diunduh, dan diinstall pada perangkat handphone masing-masing.

“Pemohon yang akan perpanjangan SIM A dan SIM C, dapat mengunduh aplikasi digital bernama SINAR (SIM Presisi Nasional) melalui “App Store” atau “Play Store” di telepon seluler,” terang Kepala Korlantas RI.

Lebih lanjut, Kepala Korlantas menyampaikan, bahwa aplikasi ini untuk perpanjangan SIM A dan SIM C, namun untuk pembuatan SIM baru pemohon tetap harus datang ke Satpas untuk melaksanakan ujian praktik.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, bahwa pemanfaatan teknologi informasi ini merupakan terobosan jajaran Kepolisian RI untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan perpanjangan SIM A dan SIM C ini, merupakan salah satu perwujudan visi misi kami dalam mengikuti fit and proper test dihadapan Komisi III DPR RI,” ucap Kapolri.

“Dengan aplikasi ini mengurangi interaksi dengan masyarakat, sehingga dapat mengurangi penyalahgunaan wewenang oleh oknum,” tambah Kapolri.

Sementara itu, Wakil Bupati menyambut baik teroboson ini sebagai salah satu pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Saya turut senang dengan adanya aplikasi ini, memudahkan masyarakat dalam mengurus perpanjangan SIM A dan SIM C,” kata Mbak Etik, panggilan akrab Wakil Bupati Blora.

Hadir dalam acara tersebut, jajaran Forkopimda, Bank BNI 46 Cabang Blora, Bank BRI Cabang Blora, PT. Pos Indonesia dan jajaran Satlantas Polres Blora. (Hans)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed