by

PSSI Baubau Harapkan Miliki Stadion Sepak Bola

NASIONALXPOS.CO.ID, BAUBAU/SULTRA – Ketua Asprov PSSI Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabaruddin Labamba berharap Kota Baubau memiliki stadion sepak bola berstandar Nasional agar dapat menyelenggarakan berbagai turnamen sepak bola resmi dari PSSI.

“Saya harap Baubau sebagai calon ibu kota Provinsi Kepton bisa lebih awal mempersiapkannya. Sultra sampai saat ini belum memiliki stadion,” ungkapnya di Baubau beberapa waktu lalu.

Stadion yang dimaksud kata Sabarudin lapangan sepak bola dengan tembok keliling dan dilengkapi fasilitas infrastruktur tribune dan kamar ganti bagi pemain dan wasit.

Sabarudin mengakui saat ini cukup sulit mencari lapangan sepak bola yang benar-benar sesuai standar PSSI sehingga PSSI Sultra sangat selektif dan berhati-hati ketika harus menyelenggarakan turnamen-turnamen sepak bola resmi, meskipun itu hanya sekelas Liga Tiga.

Menurutnya, jika pertandingan resmi dilaksanakam di lapangan terbuka akan beresiko besar khususnya dari segi keamanan sehingga membutuhkan energi besar untuk menyiapkan persoel keamanan.

“Resikonya terlalu berat jika kita selenggarakan di lapangan terbuka. Sepak bola itu digemari dan olahraga rakyat. Suporter bisa terbakar emosi saat saling memberikan dukungan kepada clubnya masing-masing. Awal-awal bisa tenang tapi dalam berjalannya pertandingan bisa saja terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan,” tambahnya.

Sabaruddin pun mengakui saat ini kualitas club-club sepakbola di Sultra belum menunjukan peningkatan prestasi yang singnifikan sebab masih kuruangnya fasilitas latihan.

Untuk meningkatkan kemampuan atlet bisa dilakukan pertandingan persahabatan dengan mengundang club-club sepak bola berprestasi, namun lagi-lagi hal itu sulit dilakukan karena minimnya stadion sepak bola.

“Kita bisa saja mengundang tim-tim kesini main untuk uji coba dan persahabatan seperti Persi Gowa, Maros, Sinjai, tapi tidak ada lapangan,” pungkasnya.

Baubau sebagai calon ibu kota Provinsi Kepulauan Buton, sebaiknya mulai melakukan persiapan-persiapan untuk membangun stadion yang akan menjadi base camp bagi club-club sepak bola di Kepulauan Buton, khususnya di Kota Baubau. Apalagi saat ini Kota Baubau menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan Porprov Sultra ke 14 di tahun 2022.

“Saya melihat antusias warga Baubau dengan sepak bola sangat tinggi. Ini sangat baik untuk perkembangan cabor sepak bola apalagi mendapat dukungan dari seluruh stakeholder,” tandasnya.

Diketahui, saat ini PSSI Sultra sedang melakukan berbagai persiapan untuk melaksanakan Liga Tiga di September nanti. Rencananya, pertandingan babak penyisihan akan dibagi perwilayah, Sultra Daratan dan Kepulauan.(ND)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed