Nasional

Sudah Termakan Usia, Warga Oba Minta Kantor Polsek Oba di Perhatikan

692
×

Sudah Termakan Usia, Warga Oba Minta Kantor Polsek Oba di Perhatikan

Sebarkan artikel ini

NASIOALXPOS.CO.ID,TIDORE- Sangat disayangkan Kantor Polsek Oba yang berkedudukan di Kecamatan Oba Kelurahan Payahe Kota Tidore Kepulauan, belum ada sentuhan pembangunan meskipun Kapolda berganti Kapolda, begitu juga Kapolres berganti Kapolres. Kondisi bangunan Kantor, rumah Dinas Kapolsek hingga perumahan Anggota belum ada sentuhan pembangunan sama sekali.

Ada beberapa warga Oba kepada Media ini belum lama ini, meminta Polda Maluku Utara dan Polresta Tikep sedianya memperhatikan Pembangunan Kantor Polsek Oba, karena Polsek Oba adalah Polsek tertua, semenjak Polres Halteng masih berkedudukan di kota Tidore, Kantor Polsek sudah berada di Payahe,”Ujar Warga setempat.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Polsek Oba adalah sentral utama pintu masuk ke wilayah Halteng dan sejumlah Desa Wilayah Tambang di Kabupaten Halmahera Tengah dan sekitarnya, tentu harus memiliki fasilitas memadai dan jumlah personil yang cukup, apalagi Polsek ini Polsek tertua sebelum ada Polsek Polsek yang lain,” prihatin warga Oba.

BACA JUGA :  Setelah Docking, GM7 Kembali Menyapa Masyarakat Malut, Dengan Lintasan Pelayaran Antar Kabupaten Kota

Sementara Kapolsek Oba IPTU Samsir Usman ketika ditemui diruang kerjanya, membenarkan bahwa Kantor Polsek Oba memang sudah saatnya di rehab karena sudah cukup lama dan sudah termakan usia, kendati demikian Perwira berpangkat dua balok ini mengaku meskipun kondisi Kantor seperti ini namun pelayanan tetap diutamakan, bahkan dirinya yang menjabat Kapolsek baru seumur jangung itu ada upaya untuk mencat bangunan rumah dinas maupun ada perbaikan sedikit sedikit Kantor tersebut,” Akui Samsir.

“Saya dengar- dengar katanya tahun ini ada rencana pembangunan, tetapi belum tahu perkembangan lanjutan seperti apa.

Terkait hal itu Media ini pernah mempublis pemberitaan statemen Mantan Kapolres Tikep Edisi Senin (30/05/2022). Dengan judul berita” Kantor Polsek Oba Sudah Saatnya Di Rehab, Kapolres Tikep Berjanji Tahun 2023 Di Laksanakan Pembangunan”

BACA JUGA :  Kasad Beri Orasi Ilmiah Kepada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah

Mantan Kapolres Tikep Periode 2022
AKBP. Yohanes Jalung Siram S.I.K diruang kerjanya kala itu. Kapolres mengaku Polsek Oba adalah Polsek lama, semasa Polres Tikep yang sekarang, masih status polres Halteng pada saat itu, tipenya sama dengan Polsek Oba Utara sehinga personilnya juga harus lebih banyak,” akui Kapolres

Kapolres berjanji, terkait pembangunan Polsek Oba akan dilaksanakan ditahun 2023, karena pihaknya telah ajukan permintaan ke Pemkot Tikep sesuai masukan yang disampaikan Pemkot ke Polres beberapa waktu lalu.

“kita juga sudah ajukan pembangunan Mako, kemudian perumahannya juga sudah kita ajukan rehabnya ke Pemkot Tikep, kemarin Pemkot juga memberikan masukan ke kita untuk ajukan proposal, agar dialokasikan anggaran untuk membantu rehab Polsek Oba. Kita ajukan itu kan untuk rehab total kan sayang itu Polsek lama, karena dia yang duluan ada malah itu yang terbengkalai. Saya waktu dinas di Brimob pas ke Halteng lewat situ saya ngga tau kalau itu Polsek, ini kantor apa, Polsek ah saya malah kira ini pospol,” ujar Kapolres.

BACA JUGA :  Bawa Harapan, Warga Blora Antusias Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Blora

Lanjut Kapolres mengatakan, syarat pertama pembangunan Kantor Polsek adalah lahan tidak bermasalah dan memiliki sertifikat yang sah, kemudian ada alurnya yakni, di cek dlu prototype perumahan Kapolsek, kemudian perumahan Anggota, desesuaikan dengan lahan yang ada, setelah itu diajukan ke Polda bagian logistik, selanjutnya bagian logistik ajukan lagi kepusat untuk belanja Modal,” tutup Kapolres Mengakhiri.

Hingga berita diturunkan Kapolresta Tidore Kepulauan Maluku Utara, Kombes Pol Yury Nurhidayat belum memberikan tanggapan, ketika dikonfirmasi Fia WhatsApp,” (Sa)