NASIONALXPOS.CO.ID, DENPASAR —Guna mengakomodir tingginya minat mahasiswa untuk mengikuti program perkuliahan di luar negeri, pemerintah RI melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia membuat banyak program bagi mahasiswa agar dapat menempuh pendidikan di luar negeri.

Salah satu program yang menjadi primadona adalah IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards). IISMA merupakan skema beasiswa dari Kemendikbudristek untuk mengikuti program mobilitas selama satu semester di universitas-universitas ternama dan industri-industri terkemuka di luar negeri yang dapat membuka kesempatan bagi mahasiswa Indonesia mengenal keragaman akademik dan budaya internasional. IISMA sendiri menawarkan 2 skema untuk mahasiswa sarjana dan vokasi. Materi sosialisasi disampaikan oleh 2 perwakilan Tim Kantor Urusan Internasional (KUI) UNUD, Made Cinthya Puspita Shara, S.H., M.H., dan I Gusti Ngurah Bagus Pramana Putra, S.Kom. Adapun peserta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa FH Unud berjumlah 79 orang. Senin, (11/12/2023).

BACA JUGA :  Winarni Berikan Motivasi Kepada Siswa-siswi MTS Kesuma

Kegiatan roadshow ini bertujuan untuk memperluas penyebaran informasi IISMA ke seluruh fakultas yang ada di Universitas Udayana dan lebih mematangkan persiapan mahasiswa untuk berkompetisi pada skala nasional sebagai awardee IISMA. Perlu diperhatikan bahwa timeline pendaftaran IISMA pusat sangat singkat, saat ini KUI Unud telah membuka pendaftaran internal IISMA Unud untuk menyikapi hal tersebut. KUI akan melakukan proses seleksi dokumen terlebih dahulu dan pendampingan dalam persiapan yang dihadapi oleh mahasiswa. Selain syarat administrasi, IISMA juga menetapkan nilai sertifikasi Bahasa Inggris sebagai salah satu syarat utamanya. Surat keterangan sehat jasmani dan mental juga merupakan persyaratan utama yang diperlukan dalam seleksi IISMA ini (MMPI). (Uchan)

BACA JUGA :  SMP Negeri I Hilimagai Butuh Perhatian Pemerintah