by

Tim Penilai Pelaksana Terbaik PHBS Kunjungi Desa Gunungtelu Karangpucung

-Daerah-461 views

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP – Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, dr. Ira Tanti Syamsul A.R mengunjungi Desa Gunungtelu Kecamatan Karangpucung. Ira datang ke Desa Gunungtelu didampungi beberapa pengurus Penggerak PKK Kabupaten lainya, diantarnaya yakni, Sulistyowati Oktri, Lely Yuliaman dan beberapa rekan lainya dari Dinas Kesehatan Kabupaten, DLH, Senin (9/11/2020).

Kedatangan istri Wakil Bupati tersebut melakukan ferifikasi administrasi dan meninjau ke lapangan untuk melakukan penilaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam rangka Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kes, tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2020.

Camat Karangpucung Kab. Cilacap: Martono, S.Sos, M.Si

Camat Karangpucung Martono, S.Sos, M.Si yang didampungi Istri Ny. Evi Martono menyambut langsung kedatangan Tim penilai pelaksanaan terbaik PHBS yang diketuai kangsung oleh Ira Syamsul.

“Selamat datang untuk ibu Ira Tanti yang sudah hadir di Desa Gunungtelu ini, Deaa Gunungtelu sudah melakukan yang terbaik dalam perlombaan PHBS ini, ” kata Martono.

Untu PHBS di Kecamatan Karangpucung tepatnya di Desa Gunungtelu sudah dilaksanakan semaksimal mungkin, dan kita siap untuk menjadi juara, kata Martono.

Usai sambutan Camat, kemudian dilanjutkan paparan dan selayang pandang tentang PHBS yang berjalan di Desa Gunungtelu yang dipaparkan oleh Ketua PHBS Desa Gunungtelu, Pujiman.

Pujiman menyampaikan secara keseluruhan yang berkaitan dengan PHBS, salah satunya yang diutamakan yakni tentang Merokok, “di Desa Gunungtelu selalu memberikan imbauan-imbauan tentang bahayanya merokok, bahkan dibeberapa tempat juga dipasang spandung yang bertuliskan Area Bebas Rokok, ” terang Pujiman.

Harapan kami, di Desa Gunungtelu masyarakat lambat laun akan menyadari tentang bahayanya merokok, tambah Pujiman.

Ira Tanti Syamsul Didampingi Evi Martono

Dalam kesempatan tersebut, Ira Tanti juga memberikan sambutan. Dalam sambutanya dia menyambut baik dengan adanya imbauan tentang bahaya merokok, “ditengah pandemi Covid-19 ini sangat dianjurkan bagi masyarakat yang suka merokok agar bisa berhenti, paling tidak mengurangi, kata Ira.

Ira juga menyampaikan permohonan maaf bahwa dirinya datang ke Desa Gunungtelu mewakili Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cikacap Hj. Teti Rohatiningsih, “beliau tidak bisa hadir ditengah-tengah kita semua karena kesibukan beliu, ” terang Ira.

Ira juga menyampaikan harapanya, terkair dengan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Desa Gunungtelu bisa diterapkan dengan baik, “butuh kesadaran kita semua agar bisa menerapkan PHBS ini, ” tandas Ira.

Rombongan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap setelah melakukan ferifikasi administrasi PHBS yang dilaksanakan di Kantor Desa Gunungtelu kemudian melakukan pengecekan kelokasi penerapan PHBS di Dusun Gunungtelu.

Kedatangan Ira Tanti disambut oleh masyarakat Dusun Gunungtelu. Pengalungan bunga pun diberikan oleh masyarakat kepada Ira Tanti Syamsul.

Ira Tanti melakukan pengecekan ke beberapa tempat, diantarnya Bank Sampah yang ada di Dusun Gunungtelu, “Bank Smpah ini snagat bagus, kita bisa memisahkan antara sampah organik dan non organik, kita bisa megolahnya sehingga bisa lebih bermanfaat lagi, ” ujar Ira.

Ira Tanti Syamsul A.R Berikan Bantuan Kepada Warga Yang Rumahnya Terkena Longsor

Disamping melakukan pengecekan dititik yang menjadi kegiatan PHBS, Ira juga memberikan bantuan kepada salah satu warga yang rumahnya sempat terkena tanah longsor.

Kegiatan penilaian lomba PHBS di Desa Gunungtelu Karangpucung juga dihadiri oleh unsur Forkompimcam, tampak hadir juga Kapolsek, Danramil yang diwakili anggota Koramil, Kepala Puskesmas Karangpucung. (Junaedi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed