oleh

Berjumlah 36 Desa Sudah Terima DD Tahun 2021

NASIONALXPOS.CO.ID, MUSI RAWAS – Berjumlah 36 Desa di lima Kecamatan wilayah Bumi Lan Serasan Sekentenan sudah mencairkan Dana Desa (DD) tahap pertama. Sedangkan sisanya, masih dalam proses pengecekan kelengkapan permohonan pengajuan.

Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat desa, Dpmd Kabupaten Mura, Ahmadi Zulkarnain melalui Kabid Fasilitasi Keuangan Desa, Andrianto Aditama mengatakan, hingga hari ini baru 36 Desa yang sudah dicairkan DD untuk tahap pertama.

“Untuk 36 Desa yang sudah pencairan yakni Desa di Kecamatan Sumber Harta, STL Ulu Terawas, Purwodadi dan Kecamatan BTS Ulu serta Kecamatan Muara Kelingi. Bahkan, dana sudah ditransfer ke rekening Desa sejak Jum’at (26/2/2021) lalu,” kata Andri kepada Awak Media Rabu (3/3/2021) di ruang kerjanya.

Sedangkan untuk Desa lainnya, masih dalam proses. Sebab ada keterlambatan dan sebagai proses pengecekan kelengkapan permohonan pengajuan, khususnya adanya perubahan penganggaran minimal 8 persen untuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

“Karena PPKM Mikro ini untuk dana pencegahan Covid-19, seperti dari pembentukan posko Covid-19 di Desa, pembentukan Satgas serta pembagian masker dan kegiatan lain sebagainya, “terangnya.

Kemudian, untuk tahap petama ini, DD disalurkan sebesar 40 persen dari anggaran keseluruhan, yang diperuntukan untuk dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), dan juga untuk kegiatan pembangunan fisik sesuai dengan rencana yang sudah disusun oleh Desa itu sendiri.

“Bedanya, tahun ini khususnya untuk anggaran BLT-DD disalurkan secara terpisah dan langsung disalurkan setiap bulan dari KPPN. Tapi, sekarang belum ditransfer dan masih tersimpan di KPPN, dan masih dalam proses. BLT – DD tahun ini diberikan setiap bulan sebesar Rp300 ribu,” pungkasnya.

 

ALFIRMANSYAH RN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed