Daerah

Bupati dan Forkopimda Ikuti Vidcon Rakor Penekanan Inflasi Daerah

309
×

Bupati dan Forkopimda Ikuti Vidcon Rakor Penekanan Inflasi Daerah

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BUNGO – Sebagai upaya untuk menekan inflasi Dearah khususnya di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, Sejumlah pejabat Pemkab Bungo mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi bersama Mendagri Tito Karnavian secara Virtual, diruang Video Conference, wisma Alisudin Rumah Dinas Bupati Bungo, Senin (07/11).

Sejumlah Pejabat Pemkab yang hadir, Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME, Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram Widarso,SH.,S.Ik.,M.,Ik,Kejari Bungo, Staf ahli Bupati, Asisten, Kepala BPKAD Supriadi, Kepala Bappeda H.Deddy Irawan.,SE.,MM, Kepala dinas TPH Bun M.Hasbi,SP.,M.Si, serta pejabat lainnya.
Dari Rakor tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan beberapa arahan yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah dalam rangka mengendalikan inflasi.

BACA JUGA :  Sersa Yoel Manda : Kontrol Terhadap Pekerjaan Dilakukan Agar Target Capaian Kerja Dapat Terpenuhi

“Kolaborasi ini dilakukan dengan membuat sistem penggunaan energi yang tepat sasaran serta mencukupi ketersediaan bahan pangan di daerah,”arahnya.

Lebih lanjut Mendagri memaparkan, solusi dalam penanganan inflasi dibutuhkan dukungan dan langkah-langkah strategis dari seluruh instansi pusat hingga daerah.

“Pemerintah daerah diminta untuk mengoptimalkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk memonitor harga bahan pokok di pasar-pasar tiap hari,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bungo menerangkan, sejalan dengan inflasi bahan pangan yang cenderung memberikan andil inflasi/deflasi, serta sesuai dengan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan, maka ditetapkan beberapa komoditas pangan terpilih yang akan dijadikan patokan kinerja pengendalian inflasi TPIP dan TPID.

BACA JUGA :  Peltu Jacobus Hadiri Pengukuhan Sub Polsek Tombatu Timur Mitra

Untuk pangan kita perlu berkonsentrasi pada beberapa komunitas pangan yang trennya naik seperti beras, bawang dibeberapa daerah dan ini bisa menjadi catatan kita sebagai data mingguan dalam pencegahan inflasi,” jelasnya.

Dirinya juga menerangkan peran BPS dalam monitoring perkembangan harga mingguan dengan pengumpulan perkembangan harga pada pasar di sejumlah daerah di seluruh Indonesia.

BACA JUGA :  Dandim Gianyar Tinjau Lokasi Pra TMMD Ke 116 TA 2023 di Desa Siangan

“Selain itu, Inflasi bahan makanan dan juga energi perlu menjadi perhatian. Komoditas cabai merah dan bawang merah perlu dipantau perkembangan harganya agar dibulan-bulan berikutnya tidak memberikan dorongan inflasi,” jelasnya

Dari pemaparan Mendagri dan BPS, Pemkab Bungo selalu mendukung penanggulangan inflasi dengan pendekatan dan masukandan arahan dari Mendagri dan BPS Pusat. Tentunya, Pemkab Bungo intens melakukan operasi pasar murah, memastikan ketersediaan pangan cukup serta memajukan UMKM sebagai langkah mencukupi kebutuhan lokal. (is)