oleh

Bupati dan Wabup Bungo Shalat Idul Adha di Masjid Agung Al Mubarak

NASIONALXPOS.CO.ID, BUNGO – Bupati Bungo H. Mashuri.SP.ME dan Wakil Bupati H. Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd, Sekda Bungo Drs.Mursidi MM beserta istri dan Sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo melaksanakan Sholat Idul Adha 1433 Hijriah di Masjid Agung Al-Mubarak, Minggu (10/07/2022).

Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME dalam sambutannya mengatakan, atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Bungo mengucapkan selamat hari Raya Idul Adha 1443H.-2022M, minal aidzin walfaidzin Mohon maaf lahir dan batin.

“Hari ini kita merayakan hari raya idul adha atau hari raya qurban, terkandung makna yaitu adanya jiwa pengorbanan sebagai bentuk ketaatan umat beragama kepada Allah SWT,” kata Mashuri.

“Dengan momentum Hari Raya Idul Adha ini mari kita teladani sikap Nabi Ibrahim dalam berkorban, dengan keikhlasan berkorban semoga kita selalu menjadi seorang yang bersyukur”, tuturnya.

Lanjut Bupati dalam sambutannya di tengah covid-19 yang masih belum berakhir, allah swt telah menguji kita kembali dengan munculnya wabah baru penyakit mulut dan kuku (pmk) yang melanda hewan peliharaan di beberapa wilayah di negara kita termasuk di kabupaten Bungo, hal ini tentunya sangat tidak kita harapkan terlebih hal ini terjadi di saat kita akan melaksanakan perayaan Idul Adha atau Hari Raya Qurban.

Munculnya wabah PMK (penyakit mulut dan kuku) terhadap hewan telah berdampak pula pada penyelenggaraan qurban tahun ini. dampak tersebut tentunya dirasakan langsung khususnya oleh saudara-saudara kita para pedagang daging dan para peternak di kabupaten Bungo.

Dijelaskan Bupati, pemerintah daerah bekerja sama dengan Polri & TNI serta dinas instansi terkait telah melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanganan, baik secara medis maupun non medis, sebagaimana yang dilakukan pada saat wabah covid-19 dengan melakukan lockdown lokasi terpapar, pemeriksaan dan perawatan hingga pemberian vaksinasi.

“Untuk itu pada kesempatan ini juga saya mengingatkan kepada masyarakat yang hendak melaksanakan qurban agar benar-benar dapat memilih dan memilah hewan yang sehat dan terjamin kesehatannya. saya juga menyarankan agar pemotongan/penyembelihan hewan qurban dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH), agar kondisi kesehatan hewan dapat diketahui”, jelas Mashuri.

Masih dikatakan Bupati dalam sambutannya, namun demikian cobaan serta ujian ini jangan sampai mengurangi niat kita untuk berqurban, masih banyak hewan-hewan lain yang masih sehat dan dapat dijadikan sebagai hewan qurban sesuai dengan yang disyariatkan oleh agama.

Hal ini tentunya menjadi peringatan pula untuk kita sama-sama renungkan, bagaimana kita harus lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta (Allah SWT), serta sejauh mana kesabaran kita umat manusia mampu menghadapi cobaan dan ujian yang allah berikan.

Musibah dan ujian yang kita rasakan saat ini, masih jauh beratnya bila kita kaitkan dengan pengorbanan yang di alami dan dirasakan oleh nabiyullah Ibrahim alaihisalam dan putranya nabiyullah Ismail Alaihissalam.

“Bagaimana ketika mereka diuji oleh allah swt. Untuk melaksanakan perintahnya padahal perintah tersebut diluar jangkauan akal pikiran manusia, namun sikap siap dan rela berkorban merupakan proses keteladanan yang harus kita ikuti bersama. Semangat pengabdian dan pengorbanan mereka lakukan tanpa protes, tapi beliau tunjukan sikap yang ikhlas menerima perintah tersebut,” ulas Bupati.

Bupati juga menambahkan, saat ini sebanyak 94 jamaah haji asal kabupaten Bungo sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci, untuk itu kita doakan semoga saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan ibadah haji diberikan kesehatan, kelancaran dan kemudahan dalam menempuh proses ibadah hajinya sehingga memperoleh derajat haji mabrur/mabruroh, serta bisa kembali ke tanah air dan berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

“Pada akhirnya kita berharap semoga perayaan idul adha / hari raya qurban hari ini dapat membawa keberkahan, kemulyaan dan anugrah, sehingga kita semua m
membawa keberkahan, kemulyaan dan anugrah, sehingga kita semua memperoleh kemudahan dalam menjalani hidup di masa yang akan datang dalam bingkai kasih sayang menuju ridha Allah SWT,” tutup Bupati. (is)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.