DaerahPemerintahan

Bupati Didampingi Ketua TP PKK Kunjungi Lapas Kelas II B Muara Bungo Saat Pemberian Remisi HUT RI ke 78

603
×

Bupati Didampingi Ketua TP PKK Kunjungi Lapas Kelas II B Muara Bungo Saat Pemberian Remisi HUT RI ke 78

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BUNGO – Sebagaimana biasanya setiap memperingati HUT Kemerdekaan RI tepatnya tanggal 17 Agustus usai melaksanakan upacara, Bupati dan rombongan langsung menuju Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Muara Bungo, Kamis (17/08).

Tahun ini Bupati Bupati Bungo H Mashuri Sp ME didampingi Ketua TP PKK Dr. Hj Verawaty Mashuri, M. Pd bersama rombongan lainnya disambut Kepala Lapas dengan sederhana.

Advertisement

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Bungo Ismail A Md I P SH menerima kunjungan Bupati Bungo Mashuri SP ME sekaligus membertahukan pemberian Remisi Umum dalam rangka HUT RI ke 78 Tahun 2023 kepada Narapidana dan Anak Binaan Lapas Kelas II Muara Bungo.

Dalam sambutannya Kalapas Ismail A Md I P SH mengatakan kepada Bupati bungo Bahwa Lapas Kabupaten Bungo ini didirikan lebih kurang pada tahun 1989 dengan kapasitas hunian 196 orang dan pada saat ini jumlah penghuni sebanyak 530 orang, terjadilah overkapasitas sebanyak 340 orang,”ujarnya.

Dari 530 orang kasus yang paling menonjol yaitu narkoba sebanyak 287 orang atau lebih kurang 60 persen. Dan dari semua napi merupakan warga 80 persen warga Muara Bungo dan 20 persennya merupakan warga luar yang TKP-nya di wilayah Muara Bungo,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Dandim 0416/Bute Menjadi Irup Pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Satria Negara

Dan setiap tahun pemerintah memberikan pengurangan hukuman atau remisi kepada narapidana dan anak binaan dan untuk tahun ini Lapas Muara Bungo mengusulkan 324 orang yang telah memenuhi syarat administrasi dan administratif dan Alhamdulillah semuanya disetujui oleh pemerintah,”katanya.

Dari 324 orang tersebut terdiri dari dua kategori yaitu pengurangan keseluruhan dan pengurangan sebagian, dan 2 orang mendapatkan pengurangan hukuman keseluruhan dan dinyatakan bebas pada hari ini,”jelas Ismail.

Kalapas Muara Bungo tak lupa juga untuk mengucapkan selamat datang kepada Bupati Bungo di Lapas Muara Bungo ini, sederhana tetapi kami tetap komitmen untuk memberikan binaan kepada seluruh warga binaan agar mereka nantinya setelah lepas dapat berubah. Dengan bekal yang diberikan oleh petugas baik itu bekal kemandirian maupun bekal kepribadian dan untuk kemandirian yang diberikan oleh petugas memberikan pembinaan berupa perbengkelan dan pertanian dan untuk ke kepribadian kami berikan binaan kepada etika dan intelektual dan Alhamdulilah ada beberapa narapida yang sudah hapal Alquran dan Tahfiz Alquran sampai 10 jus dan ada juga hapal sampai 200 hadist Alhamdulillah ini merupakan berkat bantuan dari pemerintah dan kepala dinas yang telah rajin mengirimkan ustadz dan penceramah baik itu dari BNK yang setiap Jumat memberikan siraman rohani.

BACA JUGA :  Mantap...Pemkab Bungo Terima Penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 dari Ombudsman RI

Bagaimana juga mereka warga kita, warga yang tersesat tetapi bagi kami adalah merupakan anak kami yang harus kami didik dan kami bina agar setelah kembali ke masyarakat dapat berguna bagi agama, nusa dan bangsa minimal untuk mereka sendiri dan keluarga,”imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut tak lupa juga Kalapas Muara Bungo mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bungo dan para Kepala Dinas yang telah ikut membantu warga binaan disini dan juga kepada aparat penegak hukum baik itu pembinaan kepribadian dan dari segi pengamanan dan Alhamdulillah sampai sekarang dan untuk selanjutnya kita memohon kepada Allah SWT agar Lapas kita ini tetap aman, siap dan kondusif dalam artian sehat mereka dalam mengikuti pembinaan dan sehat mereka dalam menjalani hukuman, agar mereka bermanfaat bagi Agama, nusa dan bangsa di kemudian hari dengan optimis bahwa suatu saat nanti tetap bangkit hadapi masa depan seperti semboyan Indonesia terus melaju untuk Indonesia maju, salam kemerdekaan,”tutup Kalapas Muarabungo Ismail A Md I P SH.

BACA JUGA :  Pemkab Lampung Selatan Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Secara Virtual

Sementara itu, saat diwawancarai oleh awak media Bupati Bungo H Mashuri SP ME mengatakan ini merupakan rangkaian kegiatan yang kita lakukan mulai tadi malam renungan suci, kemudian melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih terus ke Taman Makam Pahlawan dan salah salah satu kegiatan yang dilakukan pemerintah adalah memberikan remisi kepada Narapidana dan anak binaan warga binaan di Lapas Muara Bungo.

“Alhamdulillah 324 orang yang mendapatkan remisi jadi ini dinilai oleh Pak Kalapas dan kawan kawan berkelakuan baik kemudian bisa mengikuti kegiatan program binaannya,”kata Bupati.

Bupati Bungo juga berterima kasih kepada Kalapas Muara Bungo selama ini melaksanakan kegiatan dengan baik, tentu kita harus mensupport kapas agar masyarakat warga binaan disini bisa mandiri setelah keluar nanti dari lapas Muara Bungo ini,”tutup Bupati Bungo H Mashuri. (is)