NasionalTNI & Polri

Dandim 0429/Lamtim Ikuti Rakor Antisipasi Cuaca Elnino di Wilayah Kodam II Sriwijaya

161
×

Dandim 0429/Lamtim Ikuti Rakor Antisipasi Cuaca Elnino di Wilayah Kodam II Sriwijaya

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, LAMPUNG – Kegiatan Rakor antisipasi cuaca Elnino di wilayah Kodam II/Sriwijaya berlangsung di Ruang Vicon, Makodim, Jalan Soekarno-Hatta, Desa Mataram Marga, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Kamis Malam (31/8/2023).

Turut mendampingi Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH, Pasiter Lettu Kav. Aprizal, Kabid PSP Lamtim Dian Ratnasari.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Aster Kasdam II/Sriwijaya Kolonel Kav. Zubaedi, S.Sos.,M.M., menyampaikan tantangan dalam rangka mengantisipasi cuaca Elnino merupakan atensi langsung dari Presiden Republik Indonesia khususnya di wilayah Kodam II/Sriwijaya.

BACA JUGA :  Libur Lebaran Kedua Tempat Wisata Ramai, Polsek Kragilan Himbau Pengunjung

Diketahui bahwa, Elnino di Indonesia menjadi perhatian bersama karena belakangan ini baru memahami bahwa terjadinya fenomena tersebut, akibat dari angin di indonesia tertarik ke samudera Pasifik ataupun ke samudera Hindia, sehingga Elnino menguat.

Pada saat sekarang ini di sebagian wilayah Indonesia sedang mengalami Muson Australia, bahwa dari pantauan melalui Citra Satelit Hawari pada 26 Agustus 2023 sampai sekarang masih terus bertambah dan akan usai pada akhir september awal, dan pada bulan Oktober akan berkurang wilayah yang mengalami kekeringan.

BACA JUGA :  Commander Wish Kapolres Serang Gema Cidurian "Nasi Rabeg", Quick Respond Personil Polsek Jawilan Polres Serang Laksanakan Patroli KRYD

Dari data Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di wilayah Sumatera Selatan sendiri puncak musim kemarau terjadi pada bulan Agustus sementara pada bulan September diperkirakan wilayah yang mengalami kekeringan akan berangsur berkurang.

BACA JUGA :  OM Unggah Hal Tak Pantas di Medsos, Diamankan Timsus Maleo

Usai vicon, Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir menghadapi fenomena Elnino di wilayah Kabupaten Lampung Timur.

“Kami TNI akan bekerja sama dengan pemerintah daerah serta instansi terkait untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Terkhusus antisipasi Karthutla mengingat musim kemarau wilayah TNWK (Tanah Nasional Way Kambas) sangat riskan kebakaran hutan,” pungkasnya. (*)