DaerahPemerintahan

Dispora Batal Dileburkan Oleh DPRD Baubau

1129
×

Dispora Batal Dileburkan Oleh DPRD Baubau

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BAUBAU/SULTRA – Rencana Akan Dileburkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau batalkan. Lantaran fungsi Dispora Baubau dinilai cukup vital dan strategis untuk tetap berdiri sendiri.

Sekretaris DPRD Baubau, Yaya Wirayahman mengatakan, pembatalan peleburan disepakati dalam rapat pembahasan bersama antara DPRD dan Pemerintah Kota Baubau.

“Dalam Raperda Perubahan OPD, sejumlah OPD yang diusulkan untuk digabung itu adalah Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan, sementara itu pembentukan OPD baru itu yakni Badan Pendapatan Daerah yang memisahkan diri dari BPKAPD. Sedangkan Dispora dipertahankan tetap berdiri sendiri karena fungsinya memang cukup vital, cukup strategis,” kata Yaya Wirayahman, di kantor DPRD Baubau, Selasa (22/6/2021).

BACA JUGA :  Sukses !! PD F.SPPP-SPSI Provinsi Sumatera Utara Mengelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Halal Bihalal tahun 2022

Kata dia, alasan Dispora tidak dilebur karena banyak program terkait pembangunan sarana dan prasarana olahraga sementara berproses, baik di kementerian maupun di tingkat provinsi. Termasuk persiapan Porprov Sultra 2022 mendatang.

BACA JUGA :  Operasi Pengetatan PPKM di Kota Kendari Terus Digalakkan

Sementara untuk Dinas Kebudayaan yang rencananya berdiri sendiri untuk mendukung visi misi pemerintahan Tampil Manis yakni menjadikan Kota Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya juga tidak dilanjutkan.

BACA JUGA :  KPU Buton Prediksi 8 Pasang Calon Bupati Dan Calon Wakil Bupati Pada Pilkada 2024

“Karena SDM-nya harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum Dinas Kebudayaan dibentuk. SDM di bidang kebudayaan ini kan tidak mudah, harus cukup spesifik kompetensinya, khususnya ASN yang akan bertugas nantinya. Sehingga untuk sementara, masih tetap bergabung dengan dinas pendidikan sambil menunggu waktu yang tepat,” tuturnya.

Ditambahkan, rapat pembahasan terkait Raperda Perubahan OPD ini akan dilanjutkan pekan depan.

#SultraNandha87