Scroll Untuk Baca Berita
Nasional

Jelang Nataru, Menko PMK Didampingi Menhub dan Kakorlantas Cek Kesiapan Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni

312
×

Jelang Nataru, Menko PMK Didampingi Menhub dan Kakorlantas Cek Kesiapan Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID,  CILEGON – Jelang Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Menko PMK didampingi Mentri Perhubungan dan Kakorlantas Polri melakukan pengecekan kesiapan Operasi Lilin 2023-2024 di Pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni, Dermaga 6 Eksekutif pada Sabtu (23/12)

Kegiatan tersebut dihadiri Menko PMK Muhadjir Effendy, Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, ASOPS Kapolri Irjen Pol. Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, Kakor Sabhara Irjen Pol Hary Sudwijanto, Koordinator Staf Ahli Kapolri Irjen Pol Risyapudin Nursin, PJ Gubernur Banten Al Muktabar, Kapolda Banten Irjen Pol. Abdul Karim didampingi Pejabat Utama Polda Banten.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Dalam kesempatan tersebut Menko PMK Muhadjir Effendy menjelaskan keadaan Pelabuhan Merak saat ini. Kondisi Pelabuhan Merak saat ini masih dalam kondisi yang longgar belum ada lonjakan arus kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Merak, sementara di aspek cuaca juga terpantau aman kami juga terus berkoordinasi dengan BMKG Provinsi Banten terutama terkait aktifitas Gunung anak Kerakatau yang saat ini sedang tidak beraktifitas.

BACA JUGA :  Nama Gedung di Lingkungan Kodam II/Sriwijaya Diresmikan Kasad Jenderal Dudung

Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menjelaskan Debit kendaraan yang masuk ke Pintu Tol Cikupa. Situasi di pintu Tol Cikupa masih terpantau landai debit kendaraan yang masuk perjamnya masih di bawah 3000, tentunya kondisi ini masih normal, bila terjadi lonjakan kami akan melakukan strategi dengan menahan sementara kendaraan yang masuk ke Pintu Tol Cikupa agar tidak terjadi penumpukan di Pelabuhan Merak.

Dalam kesempatanya Irjen Pol Aan Suhanan juga mengapresiasi stakeholder yang telah mempersiapkan sarana prasarana jelang nataru. “Dengan adanya sinergitas dan kolaborasi bersama seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat diharapkan dapat menciptakan kondisi yang tertib aman dan nyaman pada perayaan Natal dan tahun Baru 2024,” ucap Aan.

Dalam kesempatan itu juga Aan Suhanan menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan untuk memastikan kondisi fisik dalam keadaan baik dan melakukan pengecekan terlebih dahulu kendaraan yang akan dipergunakan.

“Jadi himbauan kami untuk Pemudik yang akan menyebrang menggunakan kapal dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni untuk menjaga diri, kesehatan dan kendaraan, serta tetap berlaku tertib di jalan sehingga kerjasama dengan petugas dilapangan tetap berjalan dengan baik”, katanya.

Di lokasi, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mendapatkan pemaparan dari Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah dan melakukan rapat terbatas bersama stakeholder.

“Pada kesempatan ini kita mempererat kembali komunikasi terkait apa yang akan kita kerjakan, sekali lagi ini untuk membantu dan memudahkan masyarakat juga untuk meperlancar proses penyebrangan, dalam tertib administrasi tiketing, tertib antri di jalan raya dengan berkeselamatan, tertib antri menjelang masuk ke kapal dan seterusnya,” ujar Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah.

Saat diwawancara Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro menjelaskan situasi dan kondisi Pelabuhan merak saat ini. “Untuk hari ini Sabtu 23 Desember 2023 situasi Pelabuhan merak masih longgar tidak ada antrian yang panjang, baik di Dermaga 6 Eksekutif maupun di dermaga 1 sampai 7 Pelabuhan Merak terpantau longgar, kami mengimbau agar para pemudik tetap memperhatikan keselamatan dalam berkendara dan mengecek kendaraanya sebelum kembali melakukan perjalanan,” tutup Eko.

(Alex Salembun)