by

Kapolrestabes Palembang Ikuti Upacara Virtual HUT ke-75 TNI

-Nasional-62 views

NASIONALXPOS.CO.ID, PALEMBANG – Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setyadji SIK, mengikuti upacara peringatan HUT ke-75 TNI secara virtual yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo dari Istana Negara, di Ruang Data Makodim 0418/Palembang, Senin (5/10/2020).

Upacara virtual tersebut, dihadiri Dandim 0418/Palembang Kolonel Inf Heny Setyono SPsi MSi, Kasat Pol PP Palembang GA Putra Jaya, Kajari Kota Palembang Sugiyanta SH MH, Pasi Ops Mayor Arh Marsito, Pasi Intel Kapten Inf Iren, Pasi Pers Kapten Inf Sutomo dan Pasandi Letda Inf Mulkan Edi.

Dalam amanatnya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan, atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan ucapan selamat HUT TNI ke-75 dan HUT TNI ini, bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI di manapun berada, tetapi juga oleh
segenap rakyat Indonesia.

“Perjalanan panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara, menjaga
keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman serta gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” ujar Presiden.

Lanjut Presiden, dalam sejarah panjang TNI, kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP), tetapi juga melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Melalui OMSP, TNI dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Oleh karena itu, atas nama rakyat Indonesia, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya
kepada keluarga besar institusi TNI, para
prajurit yang sedang bertugas di manapun dan kepada para purnawirawan yang telah mewariskan institusi serta prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri dalam dunia yang selalu berubah,” kata Presiden.

Tambah Presiden, sebagai Panglima
Tertinggi Tentara Nasional Indonesia, saya menaruh harapan besar dan selalu mendukung transformasi penguatan TNI, serta secara khusus, saya ucapkan terima kasih kepada para prajurit TNI yang selalu siap memenuhi panggilan tugas yang setia mengawal Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika, yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman, perbatasan, terpencil, pulau-pulau terdepan dan yang bertugas di luar negeri sebagai Pasukan Pemelihara Perdamaian.

“Saya juga sampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada prajurit TNI yang selalu berada di garda terdepan dalam misi kemanusiaan. Terima kasih kepada TNI yang terlibat aktif dalam penanganan korban bencana alam dan kebakaran hutan. Terima kasih atas peran aktif TNI dalam penanganan dampak pandemi Covid-19, baik dalam mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan maupun
dalam perawatan di rumah sakit TNI,” ucap Presiden.

“Terus tingkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesiap-siagaan TNI untuk menerima penugasan. Pegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Jagalah terus kemanunggalan TNI dengan rakyat dan jadikanlah sinergi sebagai kekuatan membangun Negeri, membawa Indonesia menjadi negara maju. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia,” pungkas Presiden. (Herry Eddy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed