Daerah

Kunjungi Pasar Menden Blora, Jokowi Langsung Borong Cabai Rawit

572
×

Kunjungi Pasar Menden Blora, Jokowi Langsung Borong Cabai Rawit

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo ke Blora, Jawa Tengah kali ketiga, Jumat (10/03/2023), agak berbeda dari kunjungan-kunjungan sebelumnya.

Kali ini orang nomor satu di Republik ini blusukan ke pasar tradisional, yakni Pasar Mendenrejo, Kecamatan Kradenan.

Presiden Jokowi dibuat tercengang saat mengunjungi kios Sukarni, pedagang sembako di pasar yang terletak di Blora Selatan itu. Betapa tidak saat bertanya harga cabe rawit hanya Rp 23.000.

‘’Hanya Rp 23.000, padahal di beberapa pasar lainnya sampai Rp 80.000,’’ ucap Jokowi sampaikan kekagetannya kepada Bupati Blora Arief Rohman.

Hingga akhirnya Presiden membeli cabe rawit dagangan Sukarni sebanyak 5 Kg. Sontak raut wajah pedagang itu ceria dan berulang kali mendoakan Presiden RI selalu sehat dan sukses.

BACA JUGA :  Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BNPB Pimpin Apel Satgas Covid-19 di Blora

‘’Terimakasih Pak Jokowi semoga selalu diberi kesehatan dan sukses,’’ ungkap Sukarni.

Diketahui, Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Mendenrejo di Kabupaten Blora, sekaligus untuk mengecek langsung harga sejumlah komoditas pangan.

“Iya ini Pasar Mendenrejo di Kecamatan Kradenan, Blora ini termasuk pasar yang berada di pelosok sehingga kita perlu mengecek juga mengenai harga,” ujar Presiden dalam keterangannya selepas peninjauan.

Menurutnya, harga sejumlah bahan pangan di Pasar Mendenrejo terpantau baik. Misalnya, bawang merah terpantau berada di kisaran harga Rp30.000/Kg dan minyak sawit stabil pada rentang harga Rp 14.000 – Rp 15.000.

BACA JUGA :  Jemput Aspirasi Perantau Bupati Suhatri Bur Hadiri Pelantikan Pengurus IKAKO AMAL Kota Batam

“Tadi saya lihat harganya baik, bahkan justru tadi bawang merah harganya hanya di Rp30.000. Yang lain-lain saya lihat kemarin sampai Rp 38 dan Rp 40.000, sementara di sini hanya Rp30 .000. Minyak juga saya lihat baik, Rp 14.000 sampai Rp15.000 . Saya kira harga-harga masih pada kondisi yang baik di sini, meskipun berada di pelosok,” jelasnya.

Selain mengecek harga, Presiden juga mengecek ketersediaan bahan-bahan pangan tersebut, utamanya menjelang bulan suci Ramadhan.

“Kita ingin cek itu. Kondisi apa, stoknya ada tidak, suplainya ada tidak, harga ya seperti apa,” imbuhnya.

Terkait kondisi pasar, Presiden menilai bahwa Pasar Mendenrejo kondisinya masih baik. Meskipun demikian, Presiden akan memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangunnya.

BACA JUGA :  Lampu Asmaul Husna Merupakan CSR Pertamina yang Merupakan Aspirasi Masyarakat

 

“(Kondisinya) masih baik, tapi enggak apa-apa nanti saya akan perintah Menteri PU untuk dibangun,” tandasnya.

Sementara itu, Mbah Rati salah pedagang di Pasar Mendenrejo, mengaku senang pasar Menden dicek secara langsung oleh Presiden.

“Terimakasih pak Jokowi sudah hadir dan mengecek langsung pasar Mendenrejo, senang selalu pak presiden,” ucapnya dengan senang.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Blora Arief Rohman. Dalam kesempatan itu, presiden juga menyempatkan untuk sarapan lontong sambel di dalam pasar. (Riyan)