Daerah

Merasa Dicemarkan Forwat Lapor Dewan Pers

1191
×

Merasa Dicemarkan Forwat Lapor Dewan Pers

Sebarkan artikel ini
Foto kiri Koordinator Forwat Wilayah Kabupaten Tangerang, Johan Simijaya SH, Foto kanan Masrilsyah wartawan NASIONALXPOS.co.id

NASIONALXPOS.CO.ID, JAKARTA – Persoalan dugaan tindak pidana pencemaran nama baik Forum Wartawan Tangerang (Forwat) yang disinyalir dilakukan oknum wartawan salahsatu media online terus bergulir. Forwat akhirnya melaporan hal tersebut ke Dewan Pers.

Perwakilan Forwat, Johan Simijaya SH mengatakan, bahwa hari ini Forum Wartawan Tangerang telah melayangkan surat laporan ke Dewan Pers atas dugaan pencemaran nama baik dan meminta rekomendasi atas opini yang dituduhkan dalam berita media online JawaraBanten.com yang diterbitkan pada 26 November 2022 lalu.

“Hari ini, Forum Wartawan Tangerang telah melaporkan ke Dewan Pers atas pencemaran nama baik. Surat tersebut saya serahkan langsung ke Dewan Pers dan ada tanda diterimanya,” kata Johan setelah kepulangannya dari Dewan Pers kepada wartawan di Kota Tangerang, Selasa (6/12/2022).

Johan berharap, surat yang disampaikan kepada Dewan Pers dapat segera ditindaklanjuti dan akan dijadikan pertimbangan bagi kepolisian untuk mengambil langkah yang dinilai tepat.

“Kalau kami menduga apa yang ditulis sudah jauh dari kaidah-kaidah jurnalistik, kami berharap dewan pers juga sependapat agar polisi dapat mengambil langkah yang tepat,” ujar Johan yang juga menjabat sebagai Koordinator Forwat Wilayah Kabupaten Tangerang.

Menurutnya, langkah-langkah yang diambil Forwat diharapkan dapat menjadikan edukasi dan pemicu bagi wartawan yang ada di Tangerang Raya untuk mengedepankan Kode Etik Jurnalistik.

“Kita menilai berita yang disebarkan oleh oknum wartawan ini sesat dengan menuduh langsung, tendensius dan bukan berdasarkan fakta di lapangan, akan tetapi opini dari oknum jurnalis tersebut,”tegasnya.

Sementara Astrid dari bagian pengaduan Dewan Pers mengatakan surat aduan yang dilayangkan kepada Dewan Pers akan dikaji oleh staf ahli, terkait berita yang diadukan Forwat.

BACA JUGA :  SMSI Bali dan Dinas Kominfo Provinsi Bali Gelar Diskusi Eksistensi Media Pers di Era Digital Bersama Dewan Pers

“Nanti kami akan infokan melalui WA hasil dari kajian Dewan Pers seperti apa,” pungkasnya (red)