by

Pemuda Burangkeng Menyalurkan Tempat Sampah yang diterima dari Kementerian Lingkungan Hidup

-Daerah-265 views

NASIONALXPOS.CO.ID, BEKASI – Persatuan Pemuda Burangkeng Peduli Lingkungan melakukan bhakti lingkungan ke UPTD Balai Benih Kabupaten Bekasi. Bhakti Lingkungan yang di lakukan oleh para pemuda Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi Jawa Barat ( PRABU-PL) ini adalah dengan menyalurkan tempat sampah yang diterima dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (1/12/2020).

Penyaluran tempat sampah tersebut bertujuan untuk memberikan contoh kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu diharapkan masyarakat dapat memilahnya agar sampah tersebut bisa dimanfaatkan kembali untuk industri kecil daur ulang dan produksi Kompos sebagai upaya meningkatkan kesuburan tanah.

Sampah yang tidak dikelola dengan baik seperti di buang di kali/sungai dan irigasi akan menyebabkan pencemaran air. Dimana air tersebut masih menjadi sumber utama bagi para petani untuk menyiram tanaman budidaya mereka.

Didalam pertanian berkelanjutan, salah satu kegiatannya adalah dengan meningkatkan kualitas lingkungan dan sumber daya alam berdasarkan kebutuhan ekonomi pertanian. Pengelolaan sampah yang baik, dapat berdampak positif untuk peningkatan ekonomi berbagai sektor dan juga meningkatkan peran serta petani dalam menjaga kondisi lingkungannya.

Kepala UPTD Balai Benih Kabupaten Bekasi, Rohman Baduzaman, yang menerima secara simbolis tempat sampah tersebut menyampaikan bahwa, inisiatif pemuda Burangkeng yang tergabung dalam Komunitas PRABU Peduli Lingkungan ini adalah suatu trobosan dan harus kita dukung karena memang pertanian saat ini dibutuhkan pemuda millenial yang cerdas dan mau bergerak demi kemajuan khususnya dalam dunia pertanian.

Dia juga berpesan “untuk para pemuda berbuatlah yang positif dan mampu mengharumkan nama wilayahnya dengan kreatifitas dan keahliannya, apalagi ditambah peduli terhadap lingkungan dan pertanian” tandasnya.

(Red).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed