Daerah

Penilaian Akreditasi Oleh LAM KPRS, RSUD Padang Pariaman Harapkan Hasil Paripurna

569
×

Penilaian Akreditasi Oleh LAM KPRS, RSUD Padang Pariaman Harapkan Hasil Paripurna

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, SUMBAR – Peningkatan pembangunan dan kualitas pelayanan di bidang kesehatan merupakan salah satu prioritas untuk mewujudkan visi Kabupaten Padang Pariaman Berjaya.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur saat menyambut kedatangan Surveyor Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-PKRS) di Aula RSUD Padang Pariaman, di Parit Malintang pada Senin, (06/03).

Dalam sambutannya Suhatri Bur mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menyambut baik pelaksanaan akreditasi ini sebagai wujud pengakuan terhadap mutu pelayanan RSUD Padang Pariaman.

Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit, sesuai dengan Undang-undang Nomor 44 Tahun 2009, Rumah Sakit wajib melakukan akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali. Pada tahun 2018 lalu, RSUD Padang Pariaman diketahui sudah melakukan akreditasi dan meraih peringkat perdana.

“Atas nama Pemerintah Daerah, kami mengapresiasi seluruh petugas kesehatan medis dan non medis RSUD Padang Pariaman yang dikomandoi oleh dr Jasneli, dalam upayanya untuk meningkatkan predikat menuju Paripurna sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi semakin maju, menyeluruh, dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP),” sebutnya.

Lebih lanjut Suhatri Bur menambahkan, standar yang dijadikan komponen dalam penilaian akreditasi ini harus diimplementasikan dalam jangka panjang sehingga bukan ajang untuk penilaian akreditasi semata.

BACA JUGA :  Jadi Narsum di Acara Bimtek Jurnalis, Ketua PWI Sumbar Basril Basyar Bahas Sosok Insan Pers yang Ideal

Dikesempatan yang sama, Kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Lila Yanwar turut memberikan apresiasi dan mengharapkan RSUD Padang Pariaman mampu meraih peringkat Paripurna melalui akreditasi ini.

“Akreditasi merupakan amanah Undang Undang, dan setiap Rumah Sakit wajib diakreditasi, LAM KPRS sebagai salah satu lembaga akreditasi semoga bisa memberikan masukan dan rekomendasi terhadap RSUD Padang Pariaman sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Tim surveyor yang diketuai oleh Arina Widya Murni didampingi oleh timnya Winda Yuniarsih menuturkan, penilaian telah dimulai secara daring pada 2 Maret lalu, kemudian dilanjutkan secara Luring pada 6 s.d 7 Maret 2023.

“Hasil penilaian akreditasi akan diberikan setelah survey berlangsung. Semoga apa yang telah diupayakan oleh RSUD Padang Pariaman dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat membuahkan hasil Paripurna,” pungkasnya.

Pembukaan survey akreditasi ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Padang Pariaman Arwinsyah, Tim Akreditasi dari Kemenkes, Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman Aspinudin, Direktur RSUD Padang Pariaman Jasneli dan jajaran, Ketua Tim Akreditasi Ronny Hendriyanto, Kepala Bagian terkait, Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubuk Alung Zulfahmi, Forkopimca, dan Wali Nagari Parit malintang.(rd)